Ingin Menjadi Pramugari? Ikuti Tips Berikut Ini!

7 Januari 2015 Artikel Pendidikan


Tak jarang profesi yang satu ini menjadi impian bagi kaum wanita. Bahkan, tak sedikit anak - anak perempuan bercita - cita ingin menjadi pramugari. Berpenampilan cantik, anggun, selalu ramah, serta mendapat gaji yang tak sedikit menjadi hal yang menarik minat para wanita untuk menjadi pramugari. Bayangkan, untuk penerbangan wilayah Indonesia, setiap kali terbang bisa mendapat Rp 2 - 3 juta untuk pramugari junior. Sedangkan untuk pramugari senior bisa Rp 5 - 6 juta sekali terbang.

Dibalik hal - hal yang menarik tersebut, ternyata menjadi pramugari tidaklah mudah. Mungkin banyak orang beranggapan pramugari adalah pekerjaan yang mudah, hanya melayani para penumpang pesawat, nyatanya tidak. Untuk menjadi pramugari, beberapa syarat yang sulit harus dipenuhi, seperti harus mampu mengangkat beban hingga 28 kg!

Tidak hanya itu, ada lagi persyaratan - persyaratan sulit lainnya. Ini dia beberapa persyaratan tersebut:

1. Tidak boleh berkeringat

Bila Anda punya keringat berlebih, mungkin akan sulit untuk menjadi pramugari. Seorang pramugari harus tetap segar dan tidak berkeringat, terutama pada bagian ketiak. Bahkan, pramugari sering mengenakan bantalan keringat di ketiaknya.

2. Memiliki badan kuat

Seorang pramugari harus memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Untuk itu, seorang calon pramugari harus mengikuti sejumlah pelatihan yang berat. Pelatihan tersebut seperti membuka pintu dan jendela pesawat seberat 28 kg dan berenang sejauh 50 m dengan pakaian seragam lengkap.

3. Tidak boleh berkacamata

Untuk menjadi pramugari, Anda butuh surat keterangan dari dokter yang menyatakan Anda tidak perlu memakai kacamata maupun lensa kontak. Toleransi untuk mata minus hingga -1 dioptri.

4. Tubuh proporsional

Salah satu syarat menjadi pramugari adalah bertubuh tinggi dan berat badan proporsional dengan tinggi badan. Tinggi badan minimal 160 cm dan BMI (Body Mass Index) yang ideal berkisar 18,5 - 22. Cara menghitung BMI yaitu berat badan dibagi kuadrat dari tinggi badan. Contohnya: Berat badan 50 kg. Tinggi badan 160 cm = 1.60 m. Berarti BMI adalah: 50 / (1.60)² = 19.53 kg/m².

5. Penampilan sederhana

Umumnya, untuk menjadi pramugari tidak boleh memiliki tato. Tindikan atau gaya rambut yang nyentrik juga tidak diperbolehkan. Jangan gunakan perhiasaan atau aksesoris yang mengkilap agar tidak mencolok perhatian.

Menurut Muhamad Ramzi, seorang pramugara maskapai penerbangan internasional, sebenarnya ada sekolah khusus untuk menjadi pramugari atau pramugara di Indonesia. Namun hal tersebut tidak terlalu berpengaruh.

"Karena perusahaan penerbangan tak pandang calon peserta itu berasal dari lulusan mana. Selama sesuai dengan persyaratan, dan mengikuti training yang diberikan oleh perusahaan, seseorang bisa menjadi seorang cabin crew," ujarnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)