Ingin Membelikan Anak Mainan? Simak Tips Hemat Berikut Ini

27 November 2019 Artikel Pendidikan


Ketika sedang membawa anak berjalan-jalan ke mal atau ke toko dan kebetulan melewati toko mainan, pasti sang anak akan meminta kita untuk mampir. Mereka akan sangat betah di sana. Mata mereka berbinar-binar dan mereka cenderung asyik dengan mencoba semua mainan disana.

Jika anak sudah menemukan mainan yang disenangi, anak akan membujuk bahkan merengek kepada orang tua untuk dibelikan. Wajar jika anak berbuat demikian, namun harus tetap dikendalikan karena bisa jadi dompet Anda terkuras karena anak Anda memborong semua mainan yang ia sukai. Sikap pemborosan harus dihindari agar anak terdidik menjadi pribadi yang bisa berhemat. Selain itu seringkali anggaran yang harusnya buat belanja hanya tersisa sedikit karena kalah sama mainan anak.

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana Anda memilih mainan untuk anak yang hemat dan mainan tersebut bermanfaat untuk anak:

Beli Mainan Sesuai Usia Anak

Perhatikanlah mainan yang dapat membantu perkembangan secara fisik maupun mentalnya. Carilah mainan yang mendukung untuk melatih motorik dan daya tangkap sesuai usia mereka. Misalnya, bayi memerlukan mainan yang bisa membantu kemampuannya koordinasi antara mata dan tangan serta stimulasi, untuk meraih dan menggenggam benda.

Sedangkan balita membutuhkan mainan yang bisa mereka bawa-bawa, karena di usia ini mereka sedang asik mengeksplor apa saja yang ada di sekitarnya.

Menstimulasi Kreativitas

Beli mainan yang bersifat menuntut kreativitas anak. Hindari mainan yang tidak bersifat mendidik atau bahkan berbahaya seperti senjata mainan. Banyak pilihan yang dapat mengasah kreativitas anak seperti Lego atau mainan bongkar pasang. Anak akan menjadi jauh lebih cerdas dengan mainan edukatif tersebut.

Perhatikan Kualitas, Bukan Kuantitas

Anak akan mudah tertarik dengan mainan yang dianggapnya menarik, tanpa tahu apakah sesuai dengan kebutuhannya atau tidak. Anda tidak perlu membelikan setiap mainan yang diminta anak, karena akan membuat pengeluaran membengkak.

Perhatikan Keamanan

Keamanan sangat penting untuk anak. Hindari mainan dengan komponen-komponen yang memiliki ukuran kecil yang mudah hilang atau tertelan anak. Mainan juga harus terbuat dari material yang kuat dan tahan lama sehingga tidak mudah patah dan retak, karena pecahan atau retakan bisa membuat anak Anda terluka.

Faktanya, lebih dari enam juta anak terluka tiap tahunnya karena kecelakaan yang disebabkan oleh mainan.

Jangan Beli Mainan Replika

Ada juga toko yang menjual replika barang seperti mesin jahit, komputer, buah-buahan plastic, peralatan masak hingga mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Hal ini pasti akan sangat memboroskan uang Anda karena mainan tersebut hanya digunakan sebentar, setelah itu dimuseumkan di gudang. Lebih baik untuk membelikan barang aslinya ketika sudah besar nanti.

Anak sangat mudah bosan dan cepat tumbuh dewasa, jika kita menuruti semua keinginan anak hanya akan menjadi sebuah pemborosan.

Dalam setiap masa tumbuh kembangnya anak mudah sekali terpengaruh dengan lingkungan. Kita harus mendidiknya dengan penuh perhatian, meskipun hanya dalam hal sepele seperti mainan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)