Ingin Memahami Orang Lain? Yuk Membaca

3 November 2017 Artikel Pendidikan


Kapan terakhir kali Anda membaca buku? Mungkin karena padatnya aktivitas sekarang membaca adalah kebiasaan yang sudah lama ditinggalkan. Padahal, membaca bukan hanya membuat kita lebih pintar tapi juga menjadi orang yang lebih baik.

Menurut penelitian teranyar yang dimuat dalam jurnal Science, membaca akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyimpulkan pikiran dan perasaan orang lain, atau disebut juga dengan "theory of mind".

Tanpa kemampuan tersebut, kita akan cenderung meremehkan kondisi emosional seseorang sehingga orang lain tampak kurang berarti bagi kita.

Tak peduli seberapa banyak atau sedikit seseorang membaca, mereka yang membaca novel sastra memiliki kemampuan lebih baik dalam mengukur emosi seseorang, ketimbang orang yang membaca genre bacaan lainnya.

Sebagian orang berpendapat fiksi sastra adalah sesuatu yang sombong dan tidak untuk semua orang. Tetapi dalam hal 'theory of mind', kita mendapatkan efek positif setelah membacanya.

Nah, jadi ayo mulai sekarang kita tingkatkan kegiatan ini. Sesuai dengan kata ini "Buku adalah jendela dunia". Ya, karena semuanya dapat kita ketahui melalui membaca.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags