Ingin Memahami Karakteristik Orang Lain? Ini Tipsnya

11 Mei 2014 Artikel Pendidikan


Karakter adalah suatu sifat yang melekat pada diri manusia, ada yang berpendapat bahwa karakter adalah suatu yang sudah pasti dan tidak bisa dirubah. Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak mungkin bisa hidup sendiri dan tergantung kepada orang lain. Dan tentunya kita berkeinginan untuk mendapatkan image yang baik dimata orang ketika bergaul.

Langkah pertama untuk meningkatkan keterampilan kita dalam berhubungan dengan orang (relasi manusia yang berhasil) adalah dengan mencoba memahami karakteristik orang secara tepat.

Bila Anda mempunyai pemahaman yang tepat mengenai orang dan karakteristiknya Anda tahu mengapa orang melakukan hal-hal yang mereka lakukan. Bila Anda tahu mengapa dan bagaimana orang akan bereaksi di bawah kondisi tertentu maka Anda dapat menjadi manajer orang yang terampil .

Memahami karakeristik orang hanyalah soal mengenali dan mengakui orang sebagaimana mereka adanya. Bukan apa yang Anda kira atau pikirkan tentang mereka, dan bukan Anda menginginkan mereka menjadi apa. Hal yang perlu kita catat dan terapkan dalam mindset kita adalah "Orang lebih tertarik pada diri mereka sendiri, bukan pada Anda!"

Dengan kata lain orang lain itu sepuluh ribu kali lebih tertarik pada dirinya sendiri daripada tertarik pada Anda. Sebaliknya, Anda lebih tertarik pada diri sendiri daripada pada orang manapun di dunia ini.

Hal yang perlu kita ingat, bahwa tindakan manusia diatur oleh pikirannya sendiri, kepentingan sendiri sifat ini sangat kuat dalam diri manusia sehingga pikiran yang menonjol dalam kasih sayang adalah kepuasan atau kenikmatan yang diperoleh si pemberi dengan memberi bukan dengan menerima.

Karakteristik manusia

Pengetahuan ini, yaitu bahwa manusia lebih tertarik pada dirinya sendiri, memberikan dasar yang kokoh bagi kita untuk berhubungan dengan orang lain. Juga dapat memberi kekuatan dan keterampilan dalam hubungan dengan orang lain. Lalu kenapa kita harus mengetahui hal ini?

Tentu saja, karena orang lain sangat tertarik pada dirinya sendiri, maka ketika kita melakukan dialog dengan mereka, hal yang kita bahas adalah tentang apa yang berhubungan dengan orang terkait dan tidak terlalu membahas tentang diri kita.

Jika tidak percaya silahkan dicoba lalu perhatikan, bagaimana reaksi orang ketika kita ambil tema tentang diri mereka dan bandingkan ketika kita bicarakan tentang diri kita.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)