Ingin Liburan Nyaman? Berikut yang Perlu Diperhatikan

26 Juli 2014 Artikel Pendidikan


Tidak ada yang lebih menyenangkan dari liburan. Musim liburan sudah didepan mata, berbagai macam tempat wisata sudah menanti untuk di kunjungi. Jika Anda ingin berlibur ke tempat wisata di jogja, tempat wisata di Solo, tempat wisata di Semarang, tempat wisata di Jakarta atau tempat wisata di manapun itu sebaiknya Anda mempersiapkan segalanya dengan baik jika tidak ingin acara liburan Anda rusak gara-gara hal kecil. Agar acara liburan Anda mengunjungi berbagai macam tempat wisata bersama keluarga tetap aman dan nyaman

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. Cari Informasi

Sebelum Anda berangkat ke tempat wisata tujuan Anda, akan lebih baik jika Anda mencari informasi tentang tempat wisata yang akan Anda kunjungi tersebut. Banyak media online yang memberikan informasi tentang berbagai macam tempat wisata baik di Indonesia maupun di luar negeri. Cari informasi sedetail mungkin, termasuk info soal budaya, kuliner dan hotel jika harus menginap di tempat tersebut.

2. Biaya Perjalanan
Setelah Anda mendapatkan informasi, sekarang saatnya Anda menyesuaikan biaya perjalanan Anda sesuai budget dan kemampuan Anda. Sebaiknya jangan memaksakan pergi ke tempat wisata yang membutuhkan biaya melebihi budget Anda. Bandingkan setiap alat transportasi dan tempat penginapan untuk mendapatkan harga yang lebih murah namun tetap nyaman.

3. Peta Wisata
Peta wisata sangat penting jika Anda bepergian sendiri tanpa guide atau travel agent. Peta wisata ini biasanya banyak tersedia di tempat2 publik seperti bandara, stasiun atau hotel. Jika Anda menggunakan gadget android, manfaatkan layanan google maps.

4. Daftar Kunjungan
Buat daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi bersama teman atau keluarga, lengkap dengan jam, rute, kegiatan dan alat transport yang harus digunakan. Dengan adanya jadwal kunjungan, liburan Anda akan lebih efektif dan efisien dan terhindar dari waktu yang terbuang percuma.

5. Dokumen Pribadi
Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, sebaiknya Anda melengkapi diri dengan dokumen dokumen pribadi yang diperlukan. Jika ke luar negeri otomatis passport dan atau visa harus tersedia, selain itu sebaiknya Anda juga tetap membawa identitas pribadi seperti KTP, bila perlu siapkan juga foto kopinya untuk keperluan booking hotel dan lain lain.

6. Uang Tunai
Siapkan uang tunai secukupnya saja selama di perjalanan, selebihnya akan lebih aman jika Anda menggunakan kartu baik debit atau kredit sebagai alat pembayaran Anda. Jika Anda menggunakan kartu kredit, gunakan kartu kredit secara bijak, kecuali jika memang Anda ingin membawa banyak hutang setelah pulang berlibur.

7. Obat Pribadi
Jika Anda menderita penyakit tertentu, seperti asma, jangan lupa membawa obat-obatan dan perlengkapan pribadi yang Anda butuhkan, jika perlu bawa juga surat riwayat penyakit keterangan dari dokter atau rumah sakit tempat Anda berobat.

8. Perlengkapan Berlibur
Siapkan segala macam perlengkapan yang mungkin dibutuhkan saat berlibur, seperti misalnya kamera, baju ganti, perlengkapan pribadi, tas yang sesuai dll. Buatlah cek list untuk menghindari barang yang tertinggal.

Dengan rencana yang matang, pergi berlibur tentu akan lebih menyenangkan. Mungkin Anda mau menambahkan apalagi yang perlu dipersiapkan agar pergi berlibur tetap aman dan nyaman.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)