Ingin Keluarga Tetap Bahagia? Ini Tipsnya

26 Oktober 2014 Artikel Pendidikan


Dalam waktu 24 jam sehari,berapa lamakah kita meluangkan waktu bersama keluarga tercinta? Tentu sangat terbatas bukan? Nah, inilah pentingnya waktu bersama keluarga. Keluarga merupakan harta yang sangat berarti dalam kehidupan kita. Tanpa keluarga kita akan merasakan kesepian, kejenuhan, kesedihan, dsb.

Salah satu investasi waktu terbaik dan yang paling bijaksana adalah meluangkan waktu bersama keluarga. Mengapa demikian? Karena banyak penelitian yang menunjukan bahwa orangtua yang sering meluangkan waktu bersama anak-anaknya seperti saling bercerita, mendengarkan dan menjawab pertanyaan mereka, maka prestasi anak-anak akan jauh lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak melakukannya bersama orangtua mereka.

Agar keluarga tetap erat, ikuti tips berikut ini:

1. Tetap nikmati moment bersama keluarga

Begitu Anda sudah dirumah, berarti katakan tidak pada urusan kantor. Mulailah meletakan telpon atau jika perlu matikan telpon Anda terutama saat hari libur. Lakukan aktifitas seperti membaca bersama anak atau menonton televisi bersama keluarga. Libatkan aktivitas sebanyak mungkin dengan keluarga untuk merangsang percakapan berkualitas

2. Makan bersama keluarga

Tahukah Anda bahwa makan bersama keluarga bisa meningkatkan prestasi pada anak, mengurangi ganguan makan pada anak perempuan dan mengurangi tingkat depresi pada seluruh keluarga yang ikut makan. Cobalah humor kecil diantara keluarga atau saksikan tayangan kartun bersama anak di saat sarapan. Hal kecil semacam ini tidak memerlukan biaya dan sebaliknya akan membuat Anda semakin dekat dengan keluarga.

3. Bercerita

Bercerita tentang silsilah keluarga akan membuat anak Anda merasa berada di dalam sesuatu yang lebih hebat pada diri mereka dan membuat mereka lebih nyaman, kata David Niven, PhD, penulis buku dari 100 Simple Secrets of Happy Families. Jika anak Anda tidak memiliki kesempatan untuk melihat kakek atau neneknya, maka perlihatkan album foto keluarga dan ceritakanlah kenangan tentang keluarga dan petualangan bersama mereka.

4. Cerdik Memahami Anak

Ciptakan ruang terbuka untuk anak dan teman mereka sebagai salah satu hal pintar untuk mencegah stres di masa mendatang. Pasang ring bola basket atau siapkan permainan video games dan camilan sehat. Selagi anak Anda bertambah umurnya Anda bisa melihat ketertarikan mereka dan apakah mereka bergaul dengan teman yang memiliki hobi sama. Metode ini akan memudahkan Anda untuk membaca pola dan menentukan minatnya di masa depan.

5. Kirim pesan singkat

Atau pesan singkat dari berbagai aplikasi yang ada di ponsel Anda. SMS adalah cara agar Anda selalu terhubung dengan kehidupan anak atau keluarga Anda di manapun Anda berada. Mulailah dengan pesan singkat seperti "apa kabar" atau jika Anda enggan mengucapkan "aku sayang kamu" kepada anak maka gunakan sticker atau emoticon yang kini banyak tersedia pada aplikasi percakapan instan.

6. Refreshing

Liburan akan membuat Anda menemukan cara yang tidak biasa dalam memecahkan suatu masalah, Faktanya, menuju tempat baru meningkatkan dopamine dalam otak yang membuat seisi keluarga menjadi lebih dekat.

Jadi, manfaatkanlan waktu sebaik-baiknya bersama anak, ketika waktu dan kesempatan itu masih ada. Karena jika hal tersebut, tidak kita manfaatkan, kita tidak bisa memutarbalikan waktu tersebut.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)