Ingin Dapat Beasiswa Keluar Negeri? Perhatikan Ini Terlebih Dahulu

14 November 2014 Artikel Pendidikan


Siapa yang tak ingin mendapat beasiswa ke luar negeri? Selain kita harus jauh dari sanak saudara tentu banyak hal baru yang akan kita jalani. Dari mulai budayanya yang berbeda hingga bahasa yang mau tidak mau harus kita pelajari.

Banyak orang yang ikut tes untuk mendapat beasiswa keluar negeri ini, tetapi hanya segelintir orang yang mampu mencapainya. Nah, untuk itu berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin mendapat beasiswa ke luar negeri.

Rajin Cari Informasi
Ini adalah hal yang paling utama yang harus kita lakukan. Informasi mengenai beasiswa misalnya disini.

Buatlah CV Pribadi
Siapa bilang CV hanya untuk orang yang ingin melamar pekerjaan? Jika Anda ingin mendapat beasiswa buatlah CV selengkap mungkin sehingga orang yang membacanya mengetahui diri kita.

Punya Sertifikat Bahasa Asing
Ini tak kalah pentingnya, karena jika kita telah memiliki sertifikat bahasa asing tentu akan mudah bagi mereka yang mencari beasiswa serta bagi kita sendiri. Untuk mendapat sertifikat ini, Anda perlu mengikuti tes-tes bahasa seperti TOEFL, IELTS dan lain-lain.

Aktiflah Disetiap Kegiatan
Pintar akademis memang merupakan syarat utama yang harus kita miliki, tetapi lebih hebat lagi jika kita juga aktif berorganisasi, memiliki segudang kegiatan bermanfaat bahkan kegiatan-kegiatan tersebut mampu membuat kita meraih penghargaan di dalam negeri maupun luar negeri.

Surat Rekomendasi
Hampir semua persyaratan untuk mendapat beasiswa luar negeri adalah memiliki surat rekomendasi dari sekolah, kampus ataupun perusahaan. Sebisa mungkin carilah surat rekomendasi dengan orang yang sudah jelas dibidangnya.

Doa
Ini wajib bagi Anda yang ingin melamar beasiswa. Apalagi doa dari orang tua, kerabat menyertai tentu akan membuat jalan Anda semakin lancar.

Jika ditolak? Tenang, masih ada banyak yang menerima beasiswa. Coba lagi, jangan putus asa. Semoga bermnafaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)