Ingin Anak Merasa Nyaman dan Terbuka dengan Orangtua? Ini 7 Tipsnya

2 Juni 2014 Artikel Pendidikan


Memfasilitasi anak supaya bisa terbuka pada orang-orang yang tepat menjadi penting agar dia tidak memendam perasaan, dipenuhi tanda tanya atau juga jangan sampai dia menyembunyikan masalah yang berpotensi kurang baik.

Semua orangtua pasti ingin menjadi sahabat dekat bagi anak-anak mereka dan menjadi orang pertama yang mendengar cerita darinya. Tetapi, tidak semua anak mau dan nyaman berbagi kisah dan mencurahkan isi hati mereka pada orangtuanya. Mereka lebih memilih teman, saudara, atau bahkan media sosial untuk berbagi dan bercerita.

Ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh agar anak tersayang Anda mau dan merasa nyaman untuk mencurahkan cerita mereka pada Anda. Berikut caranya, seperti dilansir oleh allwomenstalk.com.

1. Sambutlah saat dia pulang ke rumah

Saat baru pulang dari sekolah atau bermain merupakan waktu yang pas bagi anak untuk menceritakan apa yang telah dialaminya. Sambutlah dia dengan bersemangat dan siap untuk mendengar ceritanya.

2. Selalu ada saat mereka ingin berbicara

Saat anak Anda ingin berkata sesuatu pada Anda sempatkanlah waktu Anda untuk mendengarkan mereka. Anda mungkin saja sedang melakukan sebuah kesibukan yang penting. Namun, sebisa mungkin hentikan kegiatan Anda dan dengarkan cerita mereka. Kesempatan ini jangan sampai Anda sia-siakan begitu saja.

3. Bertanyalah dengan pertanyaan terbuka

Berikan pertanyaan yang memerlukan jawaban panjang sehingga anak Anda harus bercerita untuk menjawabnya.

4. Ceritakan diri Anda

Jika Anda mau terbuka padanya, mereka juga akan terbuka pada Anda. Ceritakan tentang masa muda dan kisah-kisah Anda yang tak terlupakan untuk memancingnya bercerita.

5. Gunakan humor

Humor dapat menjadi senjata ampuh agar anak Anda mau berbicara. Setelah mereka tertawa dan merasa nyaman mereka akan senang untuk bercerita pada Anda.

6. Ambil kesempatan saat di dalam mobil

Mobil merupakan tempat yang pas untuk bercerita dengan anak Anda karena dia dan Anda berada dalam ruang yang sama dan tak bisa kemana-mana.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags