Ingin Anak Menyukai Musik? Ini Tipsnya

2 November 2014 Artikel Pendidikan


Setiap orang tua pasti ingin sekali anaknya mempunyai kecerdasan dan kreativitas yang berkembang dengan baik. Banyak cara untuk menjadikan anak cerdas dan kreatif, seperti melakukan kegiatan - kegiatan bermanfaat dan menjadikannya suatu kebiasaan atau hobi. Contohnya saja dengan musik. Dengan hobi bermusik, anak pun dapat banyak berkreativitas sehingga tingkat keterampilan dan kecerdasan anak pun meningkat.

Ada banyak cara untuk membuat anak menyukai musik. Cara yang terbaik tentu saja bila musik memang menjadi budaya yang dicintai keluarga dan jika Anda sendiri mencintai hal tersebut. Tapi, bagaimana jika Anda merasa tidak pandai bermusik tapi menginginkan anak untuk pandai bermusik? Berikut beberapa tips untuk menanamkan rasa cinta musik pada anak:

1. Bernyanyi untuk anak.

Mulailah bernyanyi untuk anak sejak dia masih dalam kandungan. Hal tersebut disebut dengan terapi musik bagi anak. Musik sangat bagus sekali bagi pertumbuhan janin yang ada di dalam rahim.

2. Beraktivitas fisik dengan musik

Jika merasa kesulitan untuk bernyanyi, Anda dapat memadukan lagu dengan aktivitas fisik. Menikmati musik dengan aktifitas fisik dapat dilakukan dengan bertepuk tangan, atau menari bersama anak. Anak akan sangat menikmati musik dan merasa bahagia karena tertawa bersama Anda.

3. Masukkan lagu dalam kegiatan rutin

Bernyanyilah ketika mengajak anak mandi, membereskan kamar, atau belajar. Dapat juga dilakukan disaat perjalanan dengan mobil atau memutar musik serupa di rumah. Anak kecil menyukai sesuatu yang diulang - ulang.

4. Berbagi lagu dengan anak

Suatu hal yang terkenang saat masa kecil yaitu lagu - lagu yang diajarkan orang tuanya dulu. Berbagi musik dengan anak bisa dilakukan dengan memperdengarkan musik kesukaan Anda. Anda dapat bercerita tentang musik kesukaan Anda, alasan Anda menyukainya, atau dimana tempat pertama mendengarkan musik tersebut.

5. Nonton acara musikal

Sudah banyak acara TV yang menyajikan acara - acara atau drama musikal. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk memperlihatkan kepada anak betapa musik sangat rekat hubungannya dengan dunia kita. Anda juga dapat mengajak anak untuk nonton konser musik atau teater musik Anak akan merasakan suasana berbeda yang menjadi pengalaman yang berharga.

6. Kursus musik

Jika anak menunjukkan minat untuk memainkan suatu alat musik, maka kirimkan dia ke tempat kursus belajar musik. Pastikan tempat kursus tersebut sesuai dengan usia anak.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)