Ingin Anak Cerdas Secara Mental dan Intelektual? Ikuti Tipsnya, Yuk!

17 September 2014 Artikel Pendidikan


Setiap orang tua pasti ingin buah hatinya tumbuh cerdas secara fisik, mental dan sosial. Sedangkan "kecerdasan" berkaitan langsung dengan peran otak. Ya, karena otaklah yang mengatur semua gerakan yang dilakukan manusia. Baik itu secara fisik maupun mental (emosi) yang akan berpengaruh pada pola sosial manusia.

Seorang anak adalah peniru ulung orangtuanya. Semua kegiatan dan kebiasaan baik atau buruk bisa mereka tiru dengan mudahnya. Jadi, jangan terburu menyalahkan anak bila mereka melakukan sesuatu yang kurang berkenan. Bisa jadi mereka hanya meniru tingkah laku kedua orangtuanya.

Kecerdasan pada dasarnya bisa dibedakan menjadi dua, yaitu kecerdasan mental dan kecerdasan intelektual. Peran orangtua untuk mengembangkan kecerdasan anak pun cukup besar.

Untuk mengembangkan kecerdasan mental, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua, yaitu antara lain:

1. Melatih imajinasi dengan membacakannya cerita.

2. Menyediakan mainan yang bisa menarik perhatiannya. Ada baiknya jika orangtua menyediakan permainan edukatif yang berguna untuk perkembangan kecerdasannya.

3. Menyediakan waktu luang baik untuk bermain maupun sekedar menemani kegiatan mereka sehari-hari, sebanyak mungkin. Anak-anak bukan hanya membutuhkan kualitas pertemuan, tetapi juga kuantitas pertemuan.

4. Sebanyak mungkin anak diberi kesempatan meraba, memegang dan menyelidiki sekitarnya.

5. Sesering mungkin bicara dan memujinya. Dengan memuji mereka, anak akan merasa dihargai dan tertantang untuk melakukan perbuatan yang lebih baik lagi.

Hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mengasah dan mengembangkan kecerdasan intelektualnya, antara lain:

1. Sebanyak mungkin menyediakan buku-buku bagi mereka agar mereka tergerak untuk suka membaca

2. Membaca sambil bermain

3. Manfaatkan rasa ingin tahu anak

4. Sesering mungkin mengunjungi toko buku atau perpustakaan untuk memancing minat baca mereka

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)