Ingin Aman dalam Menggunakan "Dumay"? Patuhi Rambu-Rambunya Yuk

21 September 2014 Artikel Pendidikan


Dunia maya atau "Dumay" yang sering disebut dengan media maya atau internet adalah salah satu media atau dunia firtual yang sengaja dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia atau interaksi antara satu orang dengan orang lainnya yang berada di tempat yang berbeda. Dengan tingkat kebutuhan yang beragam sehingga internet lebih cenderung disebut dengan dunia maya atau cyber world.Dunia maya memang paling asyik untuk saling bertukar informasi. Tapi jika penggunaanya tidak tepat, bisa berbuntut panjang dan tidak enak.

Dunia maya memang tidak jauh berbeda dengan aktivitas lalu lintas, Maka dari itu dalam dunia maya pun ada rambu-rambu yang layak Anda ketahui dalam tata cara penggunaannya. Seperti apa rambu-rambu tersebut ? Ikuti Tipsnya yuk.

1. Jika Anda mengakses internet dengan komputer publik, misalnya komputer kantor atau warnet, jangan lupa untuk sign in atau log out.

2. Jangan cantumkan nomor identitas pribadi Anda di media yang bisa diakses secara massal.

3. Hati-hati memilih kata. Hindari unsur SARA, pencemaran nama baik, penghinaan, asusila, dan kebohongan publik.

4. Perhatikan term of use sebuah website yang Anda buka.

5. Seleksi kiriman file yang perlu dibuka, jika tidak jelas judul dan pengirimnya.

6. Proteksi selalu social media, misalnya facebook, twitter, dan email Anda dengan password yang kuat. Jangan menuliskan password kepada pihak yang tidak dipercaya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)