Hikmah Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan

13 Mei 2019 Artikel Pendidikan


Ibadah puasa Ramadhan mempunyai banyak keutamaan, serta di antara keutamaan tersebut beberapa besar manfaat atau hikmahnya adalah untuk diri kita sendiri. Hikmah berpuasa yang kita peroleh ini pastinya terkait dengan amalan puasa yang kita lakoni serta pastinya amalan pada puasa Ramadhan. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, melainkan juga menjalankan amalan ibadah Ramadhan lainnya, seperti bersedekah, itikaf, silaturahmi, menghindari diri dari yang haram, dan banyak lagi.

Berikut beberapa hikmah menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

1. Melatih disiplin waktu
Dalam tiga puluh hari kita dilatih disiplin bagai tentara, waktu bangun kita bangun, waktu makan kita makan, waktu menahan kita sholat, waktu berbuka kita berbuka, waktu sholat tarawih, iktikaf, baca qur'an kita lakukan sesuai waktunya. Kita dilatih dengan sangat disiplin, kecuali orang tidak mau ikut latihan ini.

2. Lebih perduli pada sesama
Didalam Islam ada persaudaraan sesama muslim, dapat terlihat jelas bila ada dibulan ramadhan, orang berikan tajil perbukaan puasa gratis. Sholat berbarengan di masjid, berikan pengetahuan islam serta banyak pengetahuan islam di tiap-tiap ceramah serta diskusi keagamaan yang dikerjakan di masjid.

3. Keseimbangan didalam hidup
Pada hakikatnya kita yaitu hamba allah yang diperintahkan untuk beribadah. Tetapi sayang cuma dikarenakan perihal duniawi layaknya pekerjaan, nafsu dan sebagainya kita kerap melupakan keharusan kita. Pada bulan puasa ini kita terlatih untuk kembali mengingat serta melaksanakan semua keharusan tersebut dengan imbalan pahala yang dilipatgandakan.

4. Tahu bahwa ibadah mempunyai tujuan
Tujuan puasa yaitu melatih diri kita supaya bisa hindari dosa-dosa di hari yang lain di luar bulan ramadhan. Bila tujuan terwujud maka puasa sukses,namun bila tujuannya gagal maka puasa tidak ada makna apa-apa. Lantas kita punya kebiasaan bertujuan pada tujuan saat melakukan semua jenis amal ibadah.

5. Setiap aktivitas mulia adalah ibadah
Tiap-tiap langkah kaki menuju masjid, membantu orang ibadah, berbuat adil pada manusia ,tersenyum pada saudara,, hingga semua suatu hal bisa jadikan ibadah. Hingga kita punya kebiasaan hidup didalam ibadah, berarti seluruh bisa bernilai ibadah.

6. Waspada didalam berbuat
Puasa ramadhan dapat prima serta tidak percuma jika tak hanya menahan lapar serta haus juga kita hindari keharaman mata, telinga, pengucapan serta perbuatan. Latihan ini menyebabkan kemajuan positif untuk kita .

7. Melatih untuk bersyukur
Makan cuma ada waktu berbuka, kita jadi lebih mensykuri nikmat yang kita punyai waktu tidak berpuasa. hingga kita bisa jadi pribadi yang lebih mensyukuri nikmat allah swt.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)