Hewan Ini Mampu Menghilangkan Stres



Stres memang kerap hadir membayangi kehidupan Anda. Banyak cara pula yang bisa dilakukan untuk menanggulangi stres ini. Salah satunya yaitu menghabiskan waktu dengan binatang peliharaan kesayangan Anda.

Hewan-hewan ini akan menjadi terapist Anda dan meningkatkan level dopamin pada tubuh Anda secara alami. Berikut ini merupakan beberapa hewan yang bisa mengurangi stres Anda secara efektif

Kuda
Pada sebuah penelitian telah dibuktikan bahwa para remaja yang memiliki kegiatan berkuda, merawat serta memelihara kuda akan memiliki hormon stres yaitu cortisol yang jauh lebih rendah daripada yang tidak. Kegiatan berkuda ini rupanya juga mencegah terjadinya nyeri otot serta membentuk tubuh agar menjadi lebih indah dan kuat. Berkuda juga meningkatkan mobilitas, reflek dan percaya diri.

Anjing
Anjing merupakan hewan yang setia dan bisa membantu manusia untuk menghilangkan depresi, sedih, dan juga stres. Anjing merupakan kawan yang baik. Memelihara anjing ternyata sehat lho. Anda bisa menurunkan resiko terjadinya serangan jantung dan juga darah tinggi.

Kucing
Memelihara kucing bisa menurunkan tingkat stres dan juga meningkatkan kesehatan jantung. Sama seperti anjing, kucing merupakan sahabat yang baik bagi manusia. Kelebihan memelihara kucing ialah mereka tidak terlalu butuh diperhatikan. Berbeda dengan anjing yang terkesan sedikit lebih 'manja' daripada kucing.

Burung
Mendengarkan kicauan burung di pagi hari juga bisa menjadi salah satu terapi penghilang stress yang cukup ampuh. Dan jika Anda memelihara burung beo, Anda pasti akan mendapatkan hiburan tambahan karena burung tersebut dapat menirukan suara Anda.

Ikan
Sebenarnya bukan ikannya yang menghilangkan stress, tetapi suara gemericik kolamnyalah yang dapat menghilangkan stress.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)