Hati-Hati! Kenakalan Orangtua Pengaruhi Perilaku Anak

13 November 2014 Artikel Pendidikan


Perilaku orangtua terhadap anaknya memang dapat mempengaruhi bagaimana tingkah Si Kecil dalam lingkungan sosialnya. Pola asuh bahkan dapat menentukan karakter anak saat dewasa nanti. Namun, sebagian besar orangtua sering kali tidak sadari bahwa kekerasan psikis yang dilakukan pada anak, seperti membentak, menyindir, atau membandingkannya dengan anak lain memiliki sejumlah dampak buruk, termasuk mengganggu perkembangan jiwanya. Anak memiliki kecenderungan untuk meniru sifat kedua orang tuanya, terlebih ketika berada lama dalam satu atap.

Hal kemungkinan kenakalan orangtua yang berpengaruh pada anak, lantaran Anak memiliki otak yang masih cukup bersih dan cerdas untuk menerima semua hal-hal yang ada di sekitar mereka. Contoh yang baik atau buruk pun dapat langsung ditiru dengan mereka. Pengawasan dari orang tua menjadi filter yang terbaik bagi mereka.

Pendidikan dini pun juga sangat diperlukan agar anak dapat berkelakuan lebih baik lagi. Anak menjadi lebih sulit diatur daripada Anda dulunya. Hal itu memang dikenal dengan siklus alam bahwa anak selalu mengikuti kelakuan orang tua masing-masing. Sehingga, Anda tidak perlu kaget ketika anak Anda mempunyai perilaku yang hampir sama dengan Anda. Kenakalan orang tua memberikan efek yang besar di dalam kehidupan anak Anda. Meskipun hal tersebut benar, faktor yang lainnya juga ikut mempengaruhi seperti lingkungan dan teman-temannya. Akan tetapi, faktor utama yang menjadi pengaruh adalah orang tua mereka. Hal tersebut tidak dapat dihindari, karena setiap anak akan tetap membawakan karakteristik orangtua masing-masing.

Pada contoh yang lain dapat dilihat kenakalan orangtua yang suka berbohong, maka anak Anda pun juga akan melakukannya. Bahkan bisa jadi anak Anda akan lebih parah dalam melakukannya. Gen dan hubungan darah yang mengalir di dalam tubuh mereka adalah faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Hal itu tinggal gen mana yang lebih kuat untuk memberikan pengaruh terhadap anak. Gen yang menang baik dari bapak atau ibu akan memberikan dampak pada kenakalan seorang anak akan tetap mewarisinya.

Jadi, mulai sekarang jangan terburu-buru menyalahkan kelakuan anak Anda. Akan lebih baik jika Anda meneliti penyebab dari kelakuan anak Anda. Hal itu bertujuan untuk mencari penyebab yang pasti. Yang paling penting adalah dengan tidak mengesampingkan keadaan-keadaan di dalam dan di luar yang ada. Atau yang paling mudah adalah dengan mengkroscek tentang perilaku Anda pada zaman dulu seperti kenakalan orang tua kepada ayah ibu Anda. Untuk mencegah anak Anda dari perilaku yang lebih buruk lagi, Anda bisa mengawasi dan memberinya nasihat.

Anda juga dianjurkan untuk memulai memberi contoh yang baik agar anak Anda mengikutinya. Contoh yang diberikan secara langsung akan dapat mereka aplikasikan dengan mudah di dalam kehidupannya. Tegur dan berikan nasihat secara langsung, ketika mereka melakukan kesalahan.

Hal itu bertujuan agar anak Anda paham bahwa perilaku mereka itu salah. Pada dasarnya kenakalan orang tua menjadi penyebab dan dapat diselesaikan dengan memberikan beberapa hukuman dan nasihat. Mereka membutuhkan bimbingan dari Anda untuk tetap berada di jalur yang benar. Untuk itu, perilaku kasar dan amarah orangtua tentu perlu dikurangi.

Sebagai orangtua, Anda juga harus bisa membedakan antara tindakan tegas dan kasar. Tegas itu berorientasi pada kebaikan, sementara tindakan kasar lebih mengarah pada hal-hal yang mengancam.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)