Hati-Hati! Ini Pembunuh Waktu yang Menjadi Musuh

21 Agustus 2019 Artikel Pendidikan


Pembunuh waktu adalah hal- hal yang membuang-buang waktu, energi dan kreativitas. Banyak yang mengatakan bahwa pembunuh waktu adalah kegiatan dan hal-hal yang tidak ada artinya sama sekali alias tidak memiliki nilai. Setiap orang memiliki pembunuh waktu mereka sendiri. Namun, beberapa diantaranya memiliki permasalahan yang sama.

Berikut pembunuh waktu yang menjadi musuh kita:
1. Menonton Televisi

Menonton televisi mungkin dapat menghibur, namun seringkali dampak negatifnya terlupakan. Televisi menjadi media paling informatif. Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa televisi dapat membuat kita semakin bodoh. Mengapa? Karena media dapat dengan mudah memanipulasi pikiran kita dengan mengisi pikiran dengan informasi yang bersifat subjektif dan cenderung banyak kesalahan. Umumnya, perusahaan televisi selalu mencoba menghadirkan acara yang menarik. Namun, terlalu menuruti untuk menonton televisi akan membuat waktu habis sedangkan perusahaan televisi semakin untung.

2. Telepon Genggam
Gadget berupa telepon genggam kini semakin banyak fiturnya. Selain menelepon dan SMS, adanya koneksi internet, media sosial, game, musik, video, serta aplikasi chatting membuat Anda lupa diri. Kecanggihan telepon genggam kini lebih sering disebut dengan smartphone, yakni telepon pintar yang dapat digunakan untuk segala hal hanya dengan satu gadget saja. Komunikasi menjadi tidak efektif karena biaya untuk mengobrol maupun berkirim pesan semakin murah. Anda tidak sadar, sekali melakukan obrolan membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit tanpa memedulikan waktu kita telah habis untuk itu. Sebaiknya, perbanyak pertemuan tatap muka untuk membicarakan sesuatu sehingga hidup kita tidak terlalu terfokus pada telepon genggam.

3. Internet
Di zaman digital seperti saat ini, internet menjadi hal yang umum digunakan oleh masyarakat. Namun tahukah Anda, internet bisa menjadi pembunuh waktu yang paling ganas. Internet dapat menjadi kecanduan dan parahnya tidak banyak yang menyadarinya. Tentu banyak hal positif yang dapat kita ambil dari internet. Namun yang harus kita waspadai adalah tidak berlebihan dalam menggunakan internet sehingga kita menjadi kecanduan internet. Kecanduan internet membuat Anda tidak menyadari bahwa ada dunia di sekitar yang harus kita perhatikan.

4. Negative Thingking
Cobalah untuk selalu berfikir tentang benar-salahnya suatu hal. Hal ini sangat penting untuk menggali ide sendiri. Namun, kebanyakan orang justru menghabiskan banyak waktu dengan berpikiran negatif serta frustasi, terutama pada pengalaman buruk mereka di masa lalu. Cobalah untuk selalu fokus pada hal yang positif setiap hari. Pikirkan tentang semua waktu yang telah Anda habiskan untuk memikirkan hal-hal buruk sebelum memulai melakukan sesuatu yang baru. Terlalu terpaku pada pikiran negatif dapat membuat Anda stres dan tertekan.

5. Orang di Sekitar Anda
Orang juga bisa menjadi pembunuh waktu. Berkomunikasi dengan orang-orang adalah kegiatan besar karena melibatkan bantuan, komunikasi dan pertukaran informasi. Namun, di sekitar kita masih banyak orang yang negatif dan justru bersifat mengganggu. Oleh karena itu, Anda harus semakin selektif pada orang yang Anda ajak berinteraksi. Orang dengan pengaruh negatif dapat menjadi pembunuh waktu yang menghabiskan energi bahkan merusak suasana hati Anda.

Nah, jangan habiskan waktumu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Cobalah untuk melakukan hal positif yang berpengaruh bagi kualitas hidupmu yang lebih baik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)