Hal yang Penting Dipertimbangan Sebelum Anak Diadopsi

17 Juni 2019 Artikel Pendidikan


Akhir-akhir ini kita dihadapkan pada berita duka dan memilukan tentang seorang anak manis tidak berdosa yang dibunuh di Bali. Dikabarkan kalau anak tersebut tinggal dengan orang tua angkatnya karena dia telah diadopsi sejak bayi. Kita bisa belajar dari kejadian ini terkait urusan adopsi. Bagaimanapun, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya adopsi anak. Kapanpun kebutuhan akan adopsi ini akan terus berlanjut.

Pada dasarnya, adopsi bukanlah suatu yang buruk tapi mengandung manfaat bagi kedua belah pihak baik yang mengadopsi maupun yang diadopsi. Namun, agar manfaat itu didapat sesuai dengan semestinya, seseorang harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Terkait dengan orang tua yang akan menyerahkan anaknya untuk diadopsi oleh keluarga lain, tidak ada salahnya menyimak tips berikut ini:

Cari Tahu rekam jejak keluarga yang mengadopsi

Hal terbaik adalah ketika anak diadopsi oleh kerabat dekat atau orang-orang yang telah lama kita kenal dengan baik. Mengapa ini dianggap lebih baik karena kerabat dekat atau kenalan dekat biasanya lebih terjamin untuk keselamatan anak. Meskipun ini relatif tapi pada beberapa keadaan, hal ini perlu dipertimbangkan. Kalau pun terpaksa anak harus diadopsi oleh orang baru yang tidak dikenal, sebaiknya pelajari dulu asal muasal dan segala seluk beluk keluarga yang akan mengadopsi anak untuk meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Kenali kepribadian orang tua angkat

Kalau calon orang tua yang akan mengadopsi anak merupakan orang yang baru dikenal atau diperkenalkan oleh orang lain, jika memungkinkan kenali dulu beberapa waktu bagaimana kesehatan mental dan kepribadian mereka. Jangan terburu-buru memberikan anak untuk dirawat oleh orang lain tanpa mengenal betul latar belakang calon orang tua angkatnya.

Adopsi yang sah

Kurangnya ilmu sebagian masyarakat membuat mereka berpikir kalau adopsi bisa mereka lakukan begitu saja. Selain disebabkan karena awam, juga mungkin karena faktor tertentu. Tapi jika Anda sebagai orang tua kandung benar-benar menyayangi anak Anda, lakukanlah adopsi yang sah secara hukum sehingga kedudukan anak Anda lebih terjamin. Adopsi illegal dikhawatirkan menimbulkan banyak hal yang nantinya berakibat buruk kepada anak. Jangan karena orang adopsi mendesak, orang tua kandung melepas anak begitu saja tanpa mengikuti ketentuan adopsi yang sah di Negara kita.

Pantau perkembangan anak

Jika memungkinkan, buatlah kesepakatan dengan keluarga adopsi kalau Anda sebagai orang tua masih diperkenankan melihat anak dan berkunjung sesekali. Hal ini perlu untuk melihat perkembangan anak. Meskipun adopsi, seharusnya anak masih bisa mengetahui orang tua kandungnya serta masih bisa berkomunikasi. Ada juga ditemukan orang tua yang anaknya diadopsi orang lain tapi hubungannya dengan anak tersebut masih terjalin baik.

Masa depan anak Anda yang diadopsi oleh orang lain memang tidak bisa dipastikan. Namun, sebagai orang tua kandung, sudah seharusnya berhati-hati ketika melepaskan hak pengasuhan anak kepada orang lain.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)