Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua dari Metode Pembelajaran Homeschooling

23 Maret 2019 Artikel Pendidikan


Di zaman modern yang serba praktis ini, metode pembelajaran homeschooling kian banyak diminati terutama bagi keluarga yang lebih memilih pendidikan secara private dan praktis di rumah. Data menunjukan perkembangan metode pembelajaran ini meningkat dalam lima tahun terakhir.

Pendidikan non-formal ini mengacu pada kenyamanan dan kesenangan dalam belajar karena dilakukan di rumah. Hal tersebut juga dapat mempererat hubungan orang tua dan anak. Akan tetapi, homeschooling menimbulkan beberapa kerugian bagi muridnya.

Kerugian memilih homeschooling diantaranya:

  • Anak kemungkinan kurang dapat bekerjasama dalam grup.
  • Keputusan untuk mendidik anak secara informal ini membutuhkan waktu penuh sepanjang tahun. Anda harus mampu merelakan beberapa waktu Anda untuk menjadi "guru" selain sebagai orang tua.
  • Dibutuhkan komitmen dan keterlibatan penuh dari orang tua dalam memberikan pendidikan pada anak. Selain harus mencari nafkah, orang tua juga harus bekerja keras dalam mendidik anak dan memberikan lingkungan yang kondusif di mana anak dapat belajar dan tumbuh.
  • Beberapa anak akan merasa seperti terisolasi.


Namun, homeschooling juga mempunyai aspek positif diantaranya:

  • Semakin banyak waktu yang dihabiskan orang tua dan anak membuat jalinan/ikatan semakin kuat. Anak mendapatkan waktu yang berkualitas saat makan, bermain, belajar dengan orang tua.
  • Potensi unik yang ada pada diri setiap anak dapat diarahkan dan dikembangkan dengan baik sehingga dicapai hasil yang lebih maksimal.
  • Proses belajar mengajar disesuaikan dengan kebutuhan anak dan kondisi orang tua.
  • Anak dapat melakukan eksplorasi hal yang diminatinya dengan lebih mandiri dan kreatif karena anak memilih pelajaran yang ingin dipelajari.


Bagi Anda para orang tua yang ingin memasukkan anaknya dalam metode pembelajaran homeschooling, tidak perlu khawatir. Karena pasalnya, pendidikan mandiri ini juga banyak mencetak murid berprestasi.

Pastinya Anda sudah mengenal sosok Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto. Beliau menuturkan bahwa banyak anak-anak dari home schooling meraih prestasi gemilang. Lulusan dari Home Schooling Kak Seto ada yang kuliah di luar negeri, mendapatkan beasiswa di FKUI dan ITB, bahkan prestasinya melebihi sekolah formal.

Jadi, jangan khawatir dan ragu akan homeschooling. Pada dasarnya, semua kembali lagi kepada anak itu sendiri. Pembelajaran mana yang sesuai dan cocok dengan pribadinya sehingga menunjang perkembangan si anak di masa depan nanti.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)