Hal yang Dapat Dipelajari Si Kecil pada Saat Liburan

15 Juni 2017 Artikel Pendidikan


Menjelang liburan, tentunya orang tua sudah memikirkan rencana untuk liburan mereka bersama si anak. Tuntutan pelajaran di sekolah yang kian padat, pastinya anak butuh liburan dan refreshing. Tahukah Anda bahwa kegiatan liburan tersebut dapat mengajarkan banyak pelajaran bagi anak Anda?

Sosialisasi

Dalam perjalanan liburan, anak pastinya akan menemui banyak orang. Hal inilah saat yang paling tepat mengajarkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang asing disekitarnya. Namun, jangan sampai Anda mengabaikan faktor keselamatan si kecil dengan tetap memperhatikan ketika berada di tempat ramai.

Sejarah dan Budaya

Jika Anda memilih liburan bersama si kecil ke salah satu tempat bersejarah, tentunya anak dapat mempelajari sejarah dari suatu tempat dan budaya yang penduduk setempat biasa lakukan. Ajak ia ke tempat bersejarah ,museum lokal ataupun pasar seni yang menjual barang-barang antik.

Kesabaran dan Sikap

Disaat liburan dan mengunjungi suatu tempat yang ramai, pastinya si anak akan menjadi rewel dan tidak sabaran. Kesempatan inilah yang harus dimanfaatkan Anda sebagai orang tua untuk melatih dan mengajarkan segala sesuatunya harus bersabar untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Kuliner

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengenalkan masakan khas dari suatu daerah yang dikunjungi kepada anak. Dengan begitu si anak akan ‘kaya’ pengetahuan masakan dari daerah sekitar.

Ternyata banyak hal yang dapat dipelajari dari liburan si anak bukan? Manfaatkan liburan si anak dengan sebaik-baiknya dengan tidak menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan di rumah.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)