Hal yang Dapat Dipelajari pada Sosok Superheroes

24 Agustus 2019 Artikel Pendidikan


Sosok pahlawan super tentunya memang sangat diharapkan dan diidolakan banyak anak. Tak jarang si anak sangat terinspirasi akan kemampuan super yang mampu menolong orang yang sedang kesulitan.

Berbagai jenis film dan komik disajikan dalam mempertunjukan kisah-kisah kehidupan pahlawan super membasmi kejahatan, kehidupan sosial hingga banyak pesan moral yang terkandung di dalamnya. Beberapa pahlawan super tidak jarang mengorbankan nyawanya demi keselamatan para warga kota termasuk anak-anak.

Berikut adalah sosok-sosok superhero yang dapat anak pelajari dari kisahnya:

Batman

Menekankan bahwa setiap orang bisa menjadi pahlawan. Nilai moral yang bisa didapat dari sosok Batman adalah tak perlu memiliki kekuatan super untuk menjadi seorang pahlawan. Sebuah quote terkenal dari film ini yang mengatakan "Why do we fall Bruce?, So we can learn to pick ourselves up". Kutipan tersebut mengajarkan bahwa untuk tidak pantang menyerah ketika kita sedang terjatuh.

Robin

Hal yang dapat dipelajari dari rekan Batman dalam menumpas kejahatan ini adalah Anda tak harus menduduki peringkat atas untuk bisa membantu orang lain. Dengan tekad yang kuat membasmi kejahatan dan membela yang lemah, semua orang bisa melakukannya. Meski tidak harus menjadi seorang batman.

Charles Xavier (Professor X)

Menunjukkan bahwa keterbatasan bukanlah hal yang menghambat untuk menolong orang. Salah satu pemimpin X-Men tersebut, dengan keterbatasan fisik yang ia miliki, ia tetap bisa mengontrol orang lain lewat kekuatannya memengaruhi pikiran.

Superman

Digambarkan sebagai sosok pahlawan manusia super yang serba bisa, tampan, rendah hati, memiliki kekuatan 1000 kali lipat dari manusia normal sehingga superman bisa dibilang sempurna. Namun, dibalik kesempurnaannya tersebut ternyata superman juga memiliki kelemahan, yaitu kryptonite. Hal ini mengajarkan anak bahwa tidak ada yang sempurna bahkan seorang superman sekalipun.

Spider-Man

Pesan moral yang sangat melegenda dari film spiderman ialah ketika Ben Parker, sekaligus paman dari Peter Parker sebagai Spiderman mengutarakan "With great power comes great responsibility." Yang artinya seiring datang kekuatan besar, maka akan datang pula tanggung jawab yang besar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)