Artikel Pendidikan
11 April 2013

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat UN!

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam aktivitas hidupnya. Ketika gagal dalam melakukan suatu pekerjaan, kita pasti akan merasa sedih dan kecewa yang bercampur aduk. Kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda.

Kegagalan bisa saja disebabkan ketidakpahaman kita terhadap prosedur pekerjaan yang telah ditetapkan. Demikian juga dengan Ujian Nasional. Kegagalan UN ternyata tidak hanya disebabkan oleh ketidaksiapan siswa dalam menghadapi UN tersebut namun mengisi bisa disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang cara pengerjaan lembar jawaban UN. Meskipun terlintas sepele bagi kita namun dampaknya bisa fatal. Siswa yang dianggap mampu dalam mengerjakan soal UN pun bisa kalah bersaing dengan siswa yang biasa-biasa saja dalam belajarnya karena Lembar Jawaban Komputer (LJK) milik siswa yang mampu tadi tak terpindai atau terbaca komputer pengoreksi.

Hal tersebut juga sering terjadi saat UN berlangsung di beberapa sekolah di Nusantara. Dan akibatnya, siswa tidak mendapatkan nilai maksimal yang sebanding dengan usahanya dalam belajar.

Tentu siswa tidak ingin hal ini terjadi. Supaya tidak ada kesalahan teknis saat mengisi lembar jawaban, berikut ini merupakan cara untuk mencegah kesalahan teknis pada saat UN berlangsung:

1. Menggunakan Pensil 2B

Hal ini terkadang sering disepelekan orang karena menurut mereka pensil 2B sama saja dengan pensil biasa. Padahal sebenarnya pensil 2B merupakan pensil khusus untuk UN karena POS Ujian Nasional (UN) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan wajib menggunakan pensil 2B agar dapat terpindai dengan baik.

2. Penghitaman

Cara penghitaman ini sudah berulang kali dijelaskan. Namun, berulang kali pula, banyak siswa yang masih salah sehingga jawaban tak terbaca.Pastikan bulatan harus dihitamkan penuh dan tepat serta tidak melebuhi batas bulatan LJK. Sebaiknya juga hindari hanya memberi centang pada LJK dan akan dihitamkan nanti karena dikhawatirkan waktunya tidak cukup.

3. Coretan

Hindari mencorat-coret LJK di bagian yang tidak diminta karena akan mengakibatkan LJK tak terbaca oleh komputer. Salah satunya adalah tanda hitam dipinggir LJK yang merupakan penanda sebaiknya jangan dicorat-coret. Kemudian jika diminta membubuhkan tanda tangan, maka lebih baik tetap gunakan pensil dan jangan di luar kotak.

4. Teliti Mengisi jawaban

Telitilah dalam mengisi LJK. Seringkali siswa lupa menghapus jawaban yang salah sehingga jawaban pada suatu nomor menjadi dobel. Hal ini termasuk saat mengisikan nama dan identitas di LJK. Perbedaan nama atau identitas juga mengakibatkan LJK tak terbaca. Seperti contoh misalnya hari pertama diisi dengan nama lengkap namun pada hari kedua atau ketiga , nama dibuat singkat seperti "Joko Wahyu" diganti menjadi "J. Wahyu" atau "Joko W."

(Dikutip dari berbagai sumber)

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris