Guru sebagai Teman bagi Siswa

8 September 2018 Artikel Pendidikan


Terkadang sebagai guru kita merasa bahwa kita adalah bos yang bisa mengatur segalanya dari siswa kita, namun hal itu padahal malah membuat sikap hormat siswa terhadap kita akan semakin memudar. Banyak kasus di media-media berita yang mengabarkan tentang sikap tidak hormat yang dilakukan oleh sang siswa terhadap gurunya. Dan bila kita telusuri, banyak siswa yang menganggap bahwa guru dimata mereka adalah momok yang sangat membuat mereka ketakutan, padahal sejatinya guru seharusnya bisa menjadi salah satu sosok yang paling di kagumi oleh siswanya.

Untuk itu, kita harus menunjukkan sikap seorang guru yang juga sekaligus menjadi seorang sahabat bahkan mungkin menjadi sorang idola untuk siswanya. dengan pendekatan seperti itu, kita bisa dengan mudah memberikan materi-materi yang dibutuhkan oleh siswa. Menjadi seorang guru bukanlah menjadi seorang yang ditakuti di kelas, fenomena ini harus bisa dirubah ditengah perkembangan pendidikan modern jaman sekarang.

Beberapa sekolah dan instansi pendidikan lainya yang menggunakan aturan bahwa sang pengajar harus lah lebih dekat dengan para siswanya. Sehingga siswa tidak canggung dalam bertanya, tidak canggung untuk menjawab pertanyaan walaupun jawabannya salah, namun itulah dasar utama yang harus diterapkan oleh para pendidik untuk bisa menjadi seorang yang dicintai dan dihormati oleh peserta didiknya.

Terbukti banyak siswa yang mudah dalam menyerap materi pembelajaran selama dibawakan oleh seorang pengajar yang mengedepankan sikap friendlynya daripada harus bersikap kasar yang malah membuat takut dan malah belajar bagi sebagaian besar siswa di kelasnya. Tegas mungkin bukan berarti galk, namun tegas adalah menetapkan dan tidak melanggar aturan yang sudah di ciptakan.

Jadilah sahabat bagi siswa kita karena siswa akan lebih mudah dalam belajar keika dirinya merasa nyaman bersama dengan sahabat yang bisa dijadikan tempat untuk betanya, bercanda tawa dan juga menceritakan masalah yang dialami olehnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags