Guru Inspiratif, Pemeran Utama dalam Mencetak Keberhasilan Pendidikan Bangsa

25 November 2014 Artikel Pendidikan


Merupakan suatu amanah yang besar berprofesi menjadi seorang guru. Maka dari itu, tidak sembarang orang yang memilih profesi ini. Tidak hanya kemampuan intelektual saja yang harus dimiliki, melainkan kemampuan emosional dan spiritualnya juga. Jika guru hanya memiliki kemampuan intelektual saja, maka hanya akan menciptakan seorang guru yang teoritis.

Menjadi seorang guru merupakan perihal panggilan hati untuk mendidik tanpa pamrih dan tulus memberi ilmu sehingga sisi intelektual, emosional dan spiritual saling bersinergi.

Sebagai guru, rasanya tidak cukup hanya menguasai ilmu yang diajarkan, namun juga harus bisa menjadi tauladan dan sumber inspirasi dan juga motivator bagi peserta didiknya.

Untuk itu, guru sebagai aktor/aktris utama pembentukan keberhasilan pendidikan siswa, harus memilki kompetensi. kompetensi guru bukan hanya menguasai apa yang harus diajarkan, tapi bagaimana membelajarkan kepada siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan siswa menjadi semakin termotivasi ketika sedang belajar dengan sosok guru yang mampu memberi inspirasi tersebut.

Bagaimana guru bisa dikatakan sosok yang inspiratif?

Sikap peduli, saling berbagi, dan percaya merupakan elemen penting menjadi guru yang inspiratif. Dengan mengenal lebih dekat pada peserta didik, guru akan menemukan strategi yang tepat dalam memberikan bimbingan dan membangkitkan motivasi belajar mereka.

Saat ini, guru inspiratif dan kreatif merupakan kunci sukses dalam implementasi Kurikulum 2013. Dengan begitu diharapkan dengan kehadiran guru inspiratif dan kreatif dalam Kurikulum 2013, mampu mencetak peserta didik yang memiliki kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis dan kreatif, dan mampu menghadapi tantangan global.

Jadi, kehadiran sosok guru yang inspiratif merupakan sebuah harapan besar anak bangsa dalam mencetak calon-calon penerus bangsa yang berpendidikan tinggi serta berbudipekerti luhur.

"Education is the key to success in life, and teachers make a lasting impact in the lives of their students" - Solomon Ortiz

Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2014!

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)