Gunakan Alternatif Ini untuk Belajar Bahasa Asing yang Murah

28 Agustus 2018 Artikel Pendidikan


Di zaman globalisasi ini, kemampuan berkomunikasi bahasa asing merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap generasi muda untuk memenangkan persaingan dalam hidup. Berbagai cara banyak dilakukan untuk meng-upgrade kemampuan bahasa mereka mulai dari bimbingan belajar sampai pergi ke luar negeri.

Belajar tidaklah harus mahal. Sama seperti untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Kita tidak perlu berpergian ke luar negeri dengan menghabiskan biaya demi belajar bahasa asing. Masih ada alternatif belajar dengan cara lain yang efektif dan murah. Dengan modal yang murah, kita bisa memperoleh alat pembelajaran bahasa asing dengan hasil maksimal pula.

Berikut cara alternatif yang dapat ditempuh tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar dalam belajar bahasa asing:
1. Belajar Bahasa Asing Lewat Lirik lagu
Musik adalah sarana transportasi yang baik untuk mengingat bahasa asing. Pada faktanya, proses pembelajaran dapat terjadi begitu saja, seperti yang dialami oleh para pendengar lagu "Gangnam Style".
Banyak lagu dalam bahasa asing yang memiliki nilai-nilai pembelajaran. Beberap diantaranya yang dapat diadikan alternatif adalah lagu-lagu klasik, yang kira-kira satu zaman dengan "Fly Me to the Moon" atau "Yesterday". Lagu yang populer seperti ini cukup terkait dengan bahasa dan tema kehidupan sehari-hari. Video dengan lirik lagu juga bisa ditemukan dengan mudah di Youtube.
Untuk Anda yang ingin belajar bahasa Italia, bisa belajar lagu "Volare (Nel Blu, Dipinto di Blu)", sementara Anda yang ingin belajar bahasa Jerman bisa mendengarkan lagu klasik "Lili Marleen". Manfaat lain dari lagu klasik adalah Anda dapat sering menemukan petunjuk untuk belajar dari lirik lagu secara online yang memang dirancang oleh para guru.

2. Kelompok Diskusi Bahasa
Untuk yang tinggal di kota, kelompok ini dapat menjadi aset yang baik untuk mempraktikkan kemampuan berbicara dan bertukar sumber pembelajaran dengan rekan lainnya. Komunitas ini melibatkan mereka yang belajar langsung dengan native speakers. Seperti contoh dengan jejaring sosial seperti Facebook, Twiiter dan jejaring lainya.
Kemampuan berbicara adalah salah satu kemampuan berbahasa yang sering diabaikan ketika belajar sendiri. Namun, ini adalah kemampuan yang sangat penting. Pada saat Anda mempraktikkannya pada native speakers, dia bisa memberikan tips-tips penting mengenai pelafalan dan berbicara sehari-hari.

3. Online Newspaper
Koran online berbahasa asing merupakan aset yang tak ternilai bagi siapa saja yang mau belajar. Koran selalu ter-update, berkaitan erat dengan budaya, dan dapat membantu orang-orang yang belajar dari level kemampuan mana pun.

Iklan pendek dan teks foto merupakan tantangan awal bagi para pemula, termasuk pula keterangan-keterangan gambar. Mereka yang kemampuannya sudah tergolong intermediate dapat memanfaatkan artikel-artikel berita. Sementara itu, para pembelajar kelas advance bisa membaca kolom dan editorial yang banyak berisi idiom, bahasa gaul, dan tulisan dengan gaya tertentu.
Mengikuti berita atau cerita bersambung selama beberapa hari atau minggu dapat membantu mempelajari kosakata, kata, atau frase tertentu yang sering diulang.

4. Belajar Lewat Situs Web Komunitas Belajar
Situs seperti "Busuu" dan "Livermocha" merupakan sumber yang baik untuk belajar bahasa asing secara komprehensif. Cara pembelajaran mendengar dan mengulang mungkin tidak selalu cocok dengan setiap orang yang mau belajar. Namun, satu sumber yang paling baik di situs-situs semacam ini adalah forum komunitasnya. Anda bisa terhubung dengan native speakers dari bahasa asing yang memang ingin dipelajari.

5. Podcasts
Biasanya, orang-orang yang belajar bahasa asing secara otodidak, kurang bisa menangkap secara alami ketika belajar dengan menggunakan kaset atau CD rekaman. Podcasts bisa menjadi salah satu solusinya karena dapat menjadi alat belajar yang mudah diakses. Para pemula dapat menemukan podcasts secara spesifik langsung sesuai dengan bahasa yang ingin dipelajarinya, seperti "Coffee Break Spanish". Sementara itu, mereka yang sudah di kelas advance bisa mengunduh podcasts sesuai bahasa yang sedang dipelajari dan juga sesuai dengan minat atau hobi mereka.

Tidak harus mengeluarkan budget mahal kan? Semua pelajaran baik bahasa maupun ilmu pasti lainya bisa dipelajari jika ada niat dan kemauan keras dalam diri. Sia-sia saja jika Anda belajar bahasa asing sampai mengeluarkan biaya pengeluaran yang tinggi namun tidak ada niat dan kemauan untuk berusaha.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)