Gugup Saat Maju Presentasi? Ada Tipsnya Nih!

21 November 2014 Artikel Pendidikan


Kegugupan pada saat ingin melakukan presentasi merupakan hal yang sangat menyebalkan bukan? Apakah Anda sering mengalaminya? "Ah kamu saja yang duluan."Kata - kata tersebut biasanya cara yang ampuh menghilangkan rasa gugup. Ya. dengan menghindarinya. Dan karena gugup, kita bisa kehilangan nilai plus pada presentasi kita.

Semakin Anda mengundur waktu untuk berpresentasi, maka rasa gugup tersebut akan semakin mengganggu. Lantas bagai mana cara menghilangkannya?

1. Kuasai bahan presentasi

Menguasai materi yang akan dipresentasikan merupakan kunci utama agar rasa gugup hilang. Tak perlu dihafalkan, namun dimengerti. Buat juga kerangka presentasi agar alur presentasi menjadi lancar dan tidak mengacak.

2. Makan dan istirahat yang cukup

Bila Anda belum makan sebelum presentasi, Anda akan merasa lebih gugup karena rasa lapar. Untuk itu, makan dan istirahat yang cukup sebelum presentasi. Dengan istirahat yang cukup, wajah Anda akan terlihat lebih fresh, sehingga membangkitkan percaya diri.

3. Mengatur pernafasan

‘Tarik nafas dalam - dalam, lalu hembuskan’. Selain makan dan istirahat yang cukup, mengatur pernafasan juga dapat mengurangi rasa gugup. Mengatur pernafasan akan membuat kerja jantung lebih stabil karena asupan oksigen ke dalam otak lebih banyak.

4. Latihan presentasi

Saat H-1 sebelum presentasi, latihan dan hafalkan poin - poin materi untuk presentasi. Latihan di depan cermin untuk melatih ekspresi saat berpresentasi.

5. Tatap mata lawan bicara

Sebelum hari presentasi, biasakan untuk melakukan eye contact pada orang lain. Eye contact sangat penting saat berpresentasi. Karena pendengar akan lebih merasa dihargai dan mendapat respon dari Anda. Kontak mata juga membantu menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan Anda dengan lawan bicara.

Selamat mencoba!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)