Gagal Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Kuliah di Universitas Swasta? Jangan Berkecil Hati

8 November 2016 Artikel Pendidikan


Sebagian besar orang kuliah di (PTN) perguruan tinggi negeri adalah sebuah prestasi yang luar biasa. Bahkan tidak jarang kalau mereka yang ingin masuk PTN akan melakukan berbagai cara. Termasuk di antaranya adalah cara-cara curang. Berbeda dengan PTN, universitas swasta kerap dianggap sebagai perguruan tinggi kelas dua. Para mahasiswa yang terdaftar di universitas swasta juga kerap mendapatkan pandangan miring. Terlebih jika disandingkan dengan sosok mahasiswa PTN. Masyarakat pun menganggap bahwa lulusan PTN jauh lebih baik dibandingkan alumni universitas swasta.

Namun, buat Anda yang kerap mendapatkan anggapan seperti itu, jangan berkecil hati. Kuliah di universitas swasta tidak selalu lebih buruk jika dibandingkan dengan kuliah di PTN ternama. Malah Anda mempunyai kesempatan besar untuk menunjukkan kemampuanmu di mata masyarakat.

Orang yang Kompeten dan Tidak Takut Berkompetisi

Menjadi seorang mahasiswa universitas swasta, merupakan orang-orang yang siap untuk bersaing dengan para mahasiswa PTN. Pandangan miring terhadap mahasiswa swasta bisa Anda jadikan sebagai sumber motivasi untuk bisa memiliki prestasi lebih tinggi dibandingkan mahasiswa PTN. Ajang pembuktian kualitas pun cukup mudah. Saat ini terdapat berbagai kompetisi yang bisa diikuti, baik oleh mahasiswa swasta ataupun mahasiswa PTN. Jadi, jangan takut, Anda punya mental lebih kuat dibandingkan mereka yang kuliah di PTN.

Orang yang Menghargai Jerih Payah Orangtua

Mahasiswa universitas swasta mengerti betul betapa besarnya biaya kuliah yang harus dikeluarkan orangtua untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi, berbeda dengan mahasiswa PTN. Dengan kondisi tersebut, Anda, para mahasiswa universitas swasta mempunyai motivasi yang lebih untuk bisa memberikan hasil yang terbaik kepada orang tua.

Pilihan, bukan Mahasiswa Gagal

Mahasiswa universitas swasta bukanlah kumpulan mahasiswa yang gagal. Menjadi seorang mahasiswa universitas swasta adalah salah satu pilihan yang telah Anda buat. Malah, Anda yang termasuk para mahasiswa universitas swasta adalah orang-orang yang gampang move on. Anda tidak ingin berlama-lama memikirkan kegagalan hanya karena gagal masuk PTN. Kegagalan masuk PTN hanyalah satu kegagalan kecil dalam perjalanan hidup. Kegagalan itu bahkan bisa dengan mudah diperbaiki. Terlebih saat ini banyak pilihan kampus swasta yang mempunyai kualitas tidak kalah dibandingkan dengan PTN.

Kualitas Universitas Swasta tidak Kalah dengan PTN

Terakhir, kualitas yang dipunyai oleh universitas swasta di Indonesia saat ini tidak kalah jika dibandingkan dengan kualitas yang dipunyai oleh PTN terkemuka sekalipun. Banyak universitas swasta yang setiap tahunnya dibanjiri oleh peminat, tidak kalah dengan PTN.

Jadi, jangan berkecil hati buat Anda para mahasiswa universitas swasta. Masa depan panjang terbentang luas di hadapan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)