Forum Pelajar Indonesia 2012: Energi dari Pelajar untuk Negara dan Bangsa Indonesia

11 April 2012 Artikel Pendidikan


Jakarta, 11 April 2012 - Menurut data kependudukan hasil SUSENAS pada tahun 2010, dari 237.556.363 penduduk Indonesia, sekitar 14 juta jiwa diantaranya adalah pelajar, mulai dari SMA,SMK, MA dan sederajat. Angka ini menyatakan potensi terselubung dari aset sumber daya manusia yang dapat digali dan diolah bagi kemajuan negara dan bangsa di masa mendatang. Hal inilah yang menjadi dasar pemikiran untuk diselenggarakannya sebuah forum tempat bernaungnya berjuta potensi pelajar di seluruh wilayah Indonesia.


Forum Pelajar Indonesia (FOR Indonesia) adalah kegiatan yang menyediakan ruang seluas-luasnya untuk pelajar tingkat SMA, SMK, MA dan sederajat di seluruh Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi dalam menyampaikan ide dan gagasan mereka kepada publik. Salah satu kekuatan dan juga kelebihan FOR Indonesia adalah pelajar diberikan ruang dan kesempatan untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka sesuai dengan apa yang diminati dan ingin diperjuangkan, seperti MDGs, kebudayaan, dan kewirausahaan.

Dimulai pada tahun 2009, kegiatan ini telah berhasil membangun kemitraan strategis dengan pemerintah seperti KPK, Pimpinan dan Anggota DPR, hingga Wakil Presiden. Disamping itu, FOR Indonesia juga telah membangun kerjasama dengan pihak korporasi baik nasional seperti BUMD, BUMN, serta lembaga Multinasional, Media, LSM, Lembaga, Komunitas dan lainnya. Kerjasama itu tercermin dalam kegiatan lanjutan yang menjadi rekomendasi, agenda kerja dan kesepakatan yang menjadi hasil dari pelaksanaan FOR Indonesia.

FOR Indonesia ke-empat akan dilaksanakan pada 3-9 Juli 2012 di Graha Wisata Remaja Ragunan, Jakarta yang akan diikuti oleh 250 peserta pelajar SMA se-derajat dari seluruh Indonesia.

Tahun 2012 ini, FOR Indonesia mengangkat tema Energi Pelajar Untuk Indonesia, yang secara filosofis diarahkan untuk menciptakan energi positif pelajar secara individu dengan memperkuat basis pengetahuan dan keterampilan sehingga inovasi dan kreativitas mereka dapat memberikan energi positif bagi bangsa dan negara Indonesia dengan memperkuat jejaring diantara para pelajar Indonesia. "Dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan bahwa para pelajar di seluruh Indonesia dapat mengasah kemampuannya baik dari segi pengetahuan maupun kreativitas untuk membangun Negara Indonesia di masa yang akan datang" tutur A. Fajar Kurniawan, Presiden FOR Indonesia.

Dalam ajang FOR Indonesia ke-empat ini akan diisi dengan beragam aktifitass mulai dari dialog pelajar dengan menteri, inspiring dialogue with inspiring people, workshop, Focus Group Discussion, cultural performance, Forum CEO Berbagi, serta penanaman pohon.

"Kami berharap, FOR Indonesia dapat menjadi wadah guna memupuk jiwa-jiwa kreatif, inovatif, patriotik, dan profesional semenjak dini yang akan menghasilkan seseorang yang berguna bagi bangsa dan negara kelak," ujar A. Fajar Kurniawan.

- selesai -

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Forum Pelajar Indonesia silakan menghubungi:


Indonesia Student & Youth Forum

Gria Jakarta Blok B9/18 Pamulang Barat

Tangerang Selatan 14517

Telp / Fax: +62-21-74646097

E-mail: isyf.office@gmail.com

www.isyf.or.id

Satkaara

Ruth Andriani

M: +62 8151387 8007

E-mail: Ruth.Andriani@satkaara.net

Bagja Rahmatullah

M: +6208218679050