Fakta Menarik di Balik Hari Kartini

21 April 2017 Artikel Pendidikan


Tanggal 21 April merupakan hari yang sangat penting bagi kaum perempuan Indonesia. Hari Kartini, hari dimana hak kaum wanita diperjuangkan oleh seorang tokoh pahlawan wanita, Raden Adjeng Kartini. Setiap 21 April, banyak sekolah memperingatinya dengan berbagai kegiatan, seperti pentas seni, berbusana kebaya, atau lomba memasak.

Dibalik peringatannya, ada fakta - fakta menarik lho dari hari Kartini. Ini dia faktanya:

  1. Sebelum meninggal, satu tahun tepatnya, RA Kartini mendirikan sekolah untuk perempuan di Rembang, Jawa Tengah. Sekolah yang dinamakan Sekolah Kartini ini meluas hingga ke Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, dan Corebon.
  2. RA Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional , berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 108, tanggal 2 Mei 1964 oleh Presiden Soekarno.
  3. Nama RA Kartini dijadikan nama jalan di beberapa tempat di Belanda, seperti di Utrecht, Venlo, Amsterdam, dan Haarlem.
  4. RA Kartini lebih suka dipanggil Kartini dibanding dipanggil dengan nama bangsawannya, Raden Ayu. Kartini merasa tidak nyaman dengan panggilan Raden Ayu tersebut.
  5. Buku "Habis Gelap Terbitlah Terang" dianggap merupakan karya fenomenal dari R.A Kartini. Namun, tahukah anda kalau sebenarnya R.A Kartini tidak pernah menulis buku tersebut? Adalah J.H. Abendannmenamai yang menyusun buku itu. Buku itu sebenarnya merupakan kumpulan surat R.A Kartini kepada temannya yang kemudian dikumpulkan oleh J.H.Abendanonmenamai. Buku itu diberi judul "Door Duisternis tot Licth" yang secara harfiah berarti Habis Gelap Terbitlah Terang.
  6. Tahun 1965, beberapa sekolah dasar di Pulau Jawa memperingati Hari Kartini dengan memilih beberapa anak perempuan untuk berpakaian kebaya, seperti yang dikenakan RA Kartini. Sekolah juga mengadakan upacara untuk memperingati Hari Kartini.


Itulah beberapa fakta menarik dari Hari Kartini. Semoga jasa - jasa beliau selalu dikenang sampai sepanjang masa.:)

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)