Englishtown, Belajar Bahasa Inggris Berbasis E-Learning



JAKARTA - Belajar bahasa Inggris meskipun dilakukan bersama sebuah institusi nonformal tidak selamanya dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Pelayanan sistem pembelajaran bahasa Inggris melalui internet (e-learning) yang dikenal dengan Englishtown ini, misalnya.

Diperkenalkan oleh English First (EF), Englishtown, akan menjadi sebuah sekolah bahasa Inggris online yang menawarkan pelayanan sistem pembelajaran bahasa Inggris melalui internet (e-learning). Country Manager EF Indonesia, Elliot Davernass, menjelaskan sistem ini memberikan berbagai kemudahan belajar bahasa Inggris bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan memerlukan efisiensi waktu. Selain itu, Englishtown juga menawarkan kursus online dan kelas langsung dipimpin oleh guru-guru yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya.

"Karena kursus ini berlangsung dengan cara online, peserta kursus dapat belajar bahasa Inggris di mana dan kapan saja," kata Elliot, Selasa (1/5/2012), di Jakarta.

Englishtown sendiri, kata Elliot, telah melakukan riset untuk memahami langkah terbaik meningkatkan kemahiran bahasa Inggris para pesertanya. Kelebihan utama Englishtown terletak pada metodologi pengajarannya, yaitu menempatkan kelas-kelas agar dapat diakses secara online selama 24 jam.

Country Director EF Indonesia, Arletta Darussalam menjelaskan, saat ini Englishtown telah berkembang luas dengan membantu lebih dari 1.200 perusahaan serta memiliki 15 juta pengguna di 120 negara. Mayoritas peserta kursus didominasi oleh warga negara Brazil, Rusia, Cina, Jerman, Prancis, dan Spanyol. Layanan ini ditawarkan berupa kelas-kelas dengan waktu yang fleksibel dan bisa dimulai kapan saja.

Sumber: kompas.com