E-Book Memiliki Efek Negatif bagi Anak?

12 November 2014 Artikel Pendidikan


E-book (Electronic book) atau buku digital merupakan evolusi dari buku cetak yang biasa kit abaca sehari - hari. E-book dapat disimpan dalam perangkat elektronik kita, sehingga dapat dibawa dengan mudah. Banyak sekali kelebihan dan keuntungan yang dapat kita peroleh dari e-book. Diantaranya tahan lama, ramah lingkungan, lebih murah, dan masih banyak lagi. Pemerintah Thailand dan India pun membagikan computer tablet Scopad gratis untuk anak - anak yang duduk di bangku SD.

Namun, e-book tidak selamanya baik untuk masyarakat, khususnya anak - anak. Minimnya pengawasan membuat anak membaca buku yang tidak sesuai dengan usianya. Anak - anak juga menjadi terpaku pada layar computer, tablet, atau handphone saat membaca buku digital. Hal itu membuat mereka tidak peduli terhadap lingkungan, juga bahaya bagi kesehatan mata mereka.

Pemerintah Korea Selatan sempat mengundurkan rencana peralihan buku cetak ke buku digital untuk tahun 2015. Awalnya, pemerintah Korsel berpendapat bahwa penggunaan teknologi untuk pendidikan di sekolah merupakan petanda kemajuan peradaban tersendiri.

Namun, setelah mengetahui data bahwa 10% anak di korea selatan mengalami gejala kencanduan video game dan dampak negatif dari melihat layar yang terlalu lama, kini pemerintah Korsel melarang penggunaan buku digital untuk sementara.

Walaupun terkesan kuno, anak - anak disarankan membaca buku cetak biasa. Sebab menurut Febri Dipokusumo, Presiden Rotary Club Solo Kartini, membaca dan membawa buku cetak memiliki perasaan yang berbeda. Anak - anak lebih termotivasi untuk membaca.

Febri pernah mengajak 300 siswa SMP dan SMA untuk bersama - sama membaca buku. Anak - anak diminta membawa buku, novel, ataupun komik yang paling mereka sukai. Setelah itu mereka diminta menulis alasan mereka menyukai buku tersebut dan nilai moral yang terkandung dalam buku tersebut. Dengan begitu, mereka tidak sekedar membaca buku, namun juga mendapat pembelajaran dari buku yang dibaca.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)