Dua Bakal Calon Rektor UGM Tersingkir

16 Maret 2012 Artikel Pendidikan


YOGYAKARTA - Prof Dr Hartono (Direktur Pascasarjana UGM) dan Dr dr Hafizurrachman (Staf pengajar AKK-FKMUI Jakarta) dipastikan tersingkir dari bursa pemilihan bakal calon rektor UGM periode 2012-2017. Pasalnya, mereka kalah suara dari lima bakal calon yang lain, dalam rapat gabungan Majelis Guru Besar (MGB) dan Senat Akademik (SA) UGM, Kamis (15/3/12).

Prof Hartono memperoleh 14 suara dan Dr Hafizurrachman tidak mendapatkan suara. Sementara lima bakal calon yang dinyatakan lolos untuk mengikuti pemilihan putaran berikutnya adalah Prof Dr Pratikno (Dekan Fisipol UGM) memperoleh 146 suara, Prof Dr Marsudi Triatmodjo (Dekan Fakultas Hukum UGM) memperoleh 81 suara, Prof Dr Djagal Wiseso Marseno (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM) memperoleh 66 suara, Prof Dr Danang Parikesit (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM) mendapatan 54 suara, dan Prof Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo PhD (Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud) memperoleh 35 suara.

Prof Hardyanto Soebono, anggota panitia Ad Hoc Pemilihan (PAH) mengatakan, pemilihan bakal calon rektor UGM hari ini merupakan pemilihan putaran pertama dari serangkaian pemilihan yang harus dijalani bakal calon rektor UGM. Dalam pemilihan putaran pertama ini, rapat gabungan MGB dan SA berhasil mengerucutkan bakal calon dari tujuh menjadi lima bakal calon.

"Proses pemilihan berjalan lancar, dari 251 anggota MGB UGM 181 hadir untuk memberikan suaranya, dan 168 dinyatakan sah sedang 7 dinyatakan tidak sah. Sementara dari 79 anggota SA 77 hadir memberikan suaranya, 74 sah dan 3 dinyatakan tidak sah karena mencontreng lebih dari satu nama," kata Prof Soebono.

Lebih lanjut dia mengatakan, lima bakal calon yang lolos dalam pemilihan putaran pertama ini akan memaparkan visi-misinya di depan rapat gabungan MGB dan SA, pada Senin (19/3/2012) mendatang. Kemudian, dilanjutkan dengan pemilihan untuk mendapatkan tiga calon rektor UGM.

"Dari tiga calon yang terpilih di tanggal 19 Maret itu, kemudian akan dipilih rektor UGM periode 2012-2017 pada hari Kamis (22/3/2012) oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UGM," pungkasnya.

Sumber: kompas.com