Drama Queen, Si Dramatis!

12 April 2014 Artikel Pendidikan


Drama queen?Tahukah Anda apa maksudnya? Drama queen adalah istilah yang digunakan bagi sesorang yang melebih-lebihkan emosinya dengan cara yang dramatis. Hal kecil dan sepele menjadi sensasional. Menggunakan kata-kata seperti pada pertunjukan drama, atau sinetron.

Pernahkah seseorang mengatakan bahwa Anda adalah orang yang terlalu berlebihan dalam menyikapi segala sesuatu?

Dilansir dari blogher.com, ada 10 tanda yang bisa menjadi indikator atau tolak ukur bahwa Anda adalah seorang Drama Queen.

  1. Kata diam tak ada dalam kamus Anda.
  2. Pasangan Anda mengatakan bahwa Anda mungkin kena depresi yang tak jauh beda dengan orang yang mengidap skizofrenia.
  3. Sebuah masalah dalam hubungan sosial Anda bisa membuat Anda mengambil keputusan Anda untuk mengakhiri pertemanan.
  4. Jantung Anda berdetak lebih kencang dan Anda mulai berkeringat ketika anak Anda berkata bahwa temannya mengganggunya di sekolah.
  5. Anda menangis di restoran untuk alasan yang tak jelas bukan karena orang yang Anda cinta sedang sekarat.
  6. Masalah pertama yang ada di dunia adalah masalah Anda, dan Anda merasa ikut tersiksa karenanya.
  7. Anda secara terang-terangan memarahi pegawai telepon melalui telepon.
  8. Anda menyalahkan orang tua Anda atas semua kekurangan yang Anda miliki.
  9. Anda terjebak ke dalam percakapan pribadi dengan penjaga bar ketika Anda mabuk.
  10. Saat berargumen, Anda tak akan berhenti sebelum Anda atau lawan bicara Anda pingsan.


Apakah tanda-tanda tersebut ada dalam diri Anda? Memang, mendapat perhatian adalah salah satu kebutuhan utama manusia sebagai makhluk sosial. Manusia selalu membutuhkan orang-orang sekitar untuk berbagi perasaan, pengalaman, dan pemikiran. Akan tetapi, ada sebagian dari kita yang lebih sering menampilkan perilaku dan emosi yang berlebihan saat mencari perhatian.

Misalnya, ada orang yang 'senang' memposisikan dirinya sebagai tokoh yang tidak henti-hentinya dirudung malang. Atau, gemar menceritakan segala sesuatu dalam kehidupannya dengan emosi yang berlebihan untuk menarik perhatian dan simpati dari orang lain.

Menurut American Psychiatric Association yang menjadi rujukan para ahli kesehatan jiwa gejala tersebut merupakan jenis gangguan kepribadian yang disebut histrionic personal disorder (HPD). Karakteristik gangguannya meliputi emosi yang meledak-ledak, sering mencari perhatian dengan berbagai cara yang dramatis, dan memiliki kebutuhan yang sangat besar untuk diperhatikan. Akibatnya, tidak jarang mereka melakukan cara-cara seduktif yang kurang pantas demi mendapatkan perhatian tersebut.

Ingat, kita sebagai manusia memang membutuhkan perhatian. Tetapi, jangan berlebihan yah. Karena, orang lain juga memiliki kesibukan dan masalahnya sendiri.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)