Dengan Sidik Jari Dapat Mengenali Bakat Anak?

24 November 2019 Artikel Pendidikan


Era moderen menjadikan segalanya lebih cepat diakses dan lebih mudah untuk dieksplore lebih dalam lagi. Terutama penjelajahan terhadap sesuatu yang masih terpendam, salah satunya adalah bakat dan potensi anak. Betul, memang saat ini sudah ada metode dan alat yang bisa digunakan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki anak.

Bagi orang tua yang masih bingung dalam menentukan bakat anak sejak anak usia dini, maka metode deteksi sidik jari bisa digunakan untuk mencari potensi yang dimiliki anak. Salah satu contoh alat yang digunakan untuk mendeteksi kecerdasan anak yaitu metode STIFFIN. Stiffin adalah tes mesin kecerdasan dengan cara mendeteksi sidik jari.

Beberapa alasan yang menjadikan tes sidik jari bisa digunakan untuk mengenali potensi dan bakat anak:
1. Sidik jari tiap anak berbeda sehingga tidak ada orang yang memiliki sidik jari yang sama dan sidik jaripun tidak bisa dipalsukan.
2. Sidik jari bersifat permanen sehingga pola sidik jari tidak akan berubah dari sejak lahir hingga meninggal dunia.
3. Sidik jari mudah diklasifikasikan dan di ukur. Mudah dilihat dengan mata telanjang dan bisa diintegrasikan dengan teknologi dan disimpan dalam database.

Selain itu sidik jari memiliki hubungan dengan potensi Genetik yang dimiliki masing-masing individu.

Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:
1. Pola sidik jari mulai muncul pada waktu bayi dalam kandungan (usia 13 minggu), polanya seiring dengan pola pembentukan otak.
2. Pola sidik jari ditentukan oleh kromosom yang ditentukan bukan oleh faktor lingkungan melainkan DNA (genetik).
3. Sistim syaraf jari-jari tangan erat hubungannya denga sistim otak artinya dengan mengetahui sistim syaraf jari dapat diketahui sistim syaraf fungsi-fungsi bagian otak.
4. Potensi genetik, khususnya bakat, stimulasi kecerdasan, dan karakter kepribadian berkaitan erat dengan sistim syaraf pada fungsi-fungsi bagian otak.

Kemajuan zaman bisa dimanfaatkan untuk kebaikan manusia salah satunya adalah teknologi mengenali kemampuan bakat dan potensi yang masih terpendam. Maka dari itu tidak ada alasan lagi untuk tidak mengetahui bakat dan potensi yang dimiliki anak. Bagi orang tua yang masih bingung dengan bakat yang dimiliki anak maka tes sidik jari bisa digunakan agar pola pengasuhan bisa tepat dan terarah. Tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu analisa sidik jari kepada anak kita dalam rangka untuk mengetahui potensi yang dimiliki anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)