Dekatkan Hubungan Anak dan Orang Tua dengan Cara Mendongeng

8 Agustus 2019 Artikel Pendidikan


Kata mendongeng pastinya tidak asing lagi ditelinga kita. Tetapi eksistensi kegiatan mendongeng ini cenderung makin memudar karena perkembangan zaman. Padahal terdapat banyak sekali keuntungan bagi anak-anak jika mereka dibacakan dongeng.

Mendongeng nampaknya sebuah kegiatan yang tidak hanya sekedar menvisualisasikan bacaan dalam kata dan gerak. Mendongeng mampu memberikan daya khayal yang kuat bagi si anak, sehingga sangat baik bagi tumbuh kembang kreatif bagi si anak.

Saat mendongeng tanpa disadari, hal ini turut mendekatkan dan mempererat hubungan orang tua dan anak. Komunikasi yang terjalin pun berjalan dengan baik. Ketika mendongeng dengan judul-judul yang bagus, imajinasi anak timbul dengan sedikit menirukan beberapa adegan pada cerita-cerita tersebut.

Hal tersebut dikatakan Lawrence Kutner, Ph.D, seorang psikiatri di Harvard, Amerika Serikat. Ia mengatakan bahwa dongeng penting bagi anak karena itu dapat mengajak anak memasuki pengalaman hidup tanpa risiko. Anak juga dapat mengatasi persoalan dengan cara mengidentifikasikan diri dengan tokoh cerita.

Pastikan dalam mendongeng, pemilihan cerita tersebut mampu memberikan pendidikan moral bagi anak. Misal saja cerita tentang si kancil yang suka mencuri mentimun. Kelihatanya cerita tersebut kurang menarik atau kuno namun di balik cerita tersebut menyimpan pendidikan moral yang baik, bahwa mencuri itu adalah perbuatan yang tidak baik untuk ditiru.

Selamat mendongeng buat anak Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)