Data Sekolah Tidak Ditemukan Saat Registrasi PUPNS? Ini Solusinya!

19 Oktober 2015 Artikel Pendidikan


Saat ini seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) disibukkan dengan pengurusan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS). Tujuan PUPNS sendiri yakni memutahirkan data akurat seluruh PNS secara online oleh BKN.

Di artikel sebelumnya, Simak Cara Registrasi Pendataan Ulang PNS (PUPNS) Tahun 2015 telah dijelas bagaimana tata cara regristrasi e-PUPNS, dimana Anda hanya memerlukan komputer yang terhubung ke internet. Adapun syarat regristrasi PUPNS sebagai berikut:

  1. SK Pertama s/d terakhir
  2. Fotocopy SK Perubahan NIP
  3. Fotocopy karpeg pertama dan terakhir
  4. Fotocopy berkala terakhir
  5. SK jabatan pertama s/d terakhir
  6. SK Tugas ijazah/transkrip nilai waktu pertama masuk pns
  7. Fotocopy KTP
  8. Fotocopy NPWP
  9. Fotocopy askes
  10. Fotpcopy riwayat hidup
  11. Akta IV bagi guru


Namun, beberapa PNS mendapat kendala dengan program baru ini. Salah satunya adalah data sekolah tidak ditemukan pada PUPNS.

Ada dua kemungkinan penyebab data riwayat sekolah tidak ditemukan, yaitu data belum dimasukkan ke dalam sistem oleh pengelola situs PUPNS, atau data pada sistem PUPNS menggunakan nama sekolah terbaru. Pergantian nama dapat mengakibatkan data nama sekolah untuk data riwayat pendidikan tidak dapat ditemukan oleh sistem.

Dari permasalahan tersebut, ada beberapa solusi yang bisa dicoba:

- Cobalah cek nama sekolah Anda sekarang ini. Browsing info sekolah Anda di Google. Atau untuk lebih pasti, pergilah ke sekolah tersebut untuk mengetahui apakah ada perubahan nama sekolah.

- Jika memang tidak berganti nama namun tetap tidak ditemukan, Anda bisa minta bantuan pada admin PUPNS. Caranya, klik tombol tanda tanya warna merah pada ujung kanan kolom form. Selanjutnya, isi kolom instansi dan nama sekolah lalu klik tombol kirim.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)