Artikel Pendidikan
3 November 2009

Dari Loper Koran Menjadi Doktor

Jangan berhenti memotivasi diri untuk meraih pendidikan yang setinggi-tingginya karena untuk memperoleh sesuatu yang berderajat tinggi memerlukan pengorbanan.
Kalimat bijak tersebut yang diyakini dan mampu menghantarkan Nasrullah Yusuf yang saat kecil berprofesi sebagai loper koran kini berhasil meraih gelar doktor ilmu ekonomi dengan kekhususan manajemen binis pada Pascasarjana Universitas Padjadjaran. Promosi doktor dilaksanakan di Unpad, Bandung akhir pekan lalu.

Saat ditemui di ruang kerjanya di Perguruan Tinggi Teknokrat, Nasrullah didampingi istri tercinta yang selalu setia mendapingi Hj. Hernaini. "Waktu duduk di bangku kelas V SD hingga kelas III SMP saya menjadi loper koran di jalan-jalan protokol dan di kapal-kapal di Panjang," kata ayah dua orang anak tersebut mengisahkan masa lalunya.

Ayah dari Dewi Sukmasari yang berprofesi sebagai dosen FE Unila dan saat ini sedang menempuh pendidikan di Indiana University, AS, serta Mahathir Muhammad yang juga kandidat doktor ekonomi di Unpad ini juga pernah putus sekolah. Hal itu karena ketiadaan biaya dari orang tuanya untuk melanjutkan pendidikan ke bangku SMA.

Berbekal keyakinan, Nasrullah kemudian menyelesaikan bangku SMA pada 1975 dan kemudian melanjutkan ke Fakultas Ekonomi Unila dan lulus pada 1984. Kemudian pada 1991, Nasrullah menyelesaikan diploma in business administration dari Western Michigan University dengan predikat cum laude. Pada 1994 dia berhasil menyelesaikan master of business administration dari Western Michigan University, dan meraih gelar doktor pada akhir Oktober 2009.

Kesibukannya yang memegang berbagai jabatan penting seperti dosen tetap Unila, Ketua PT Teknokrat, Direktur Lembaga Pendidikan Teknokrat, dosen luar biasa biasa MM UBL, juga sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Himpunan Seluruh Pendidikan dan Penguji Nasional Pendidkan Nonformal (DPP Hisppi PNF) tidak menjadi hambatan baginya untuk menyelesaikan pendidikan. "Karena kesibukan luar biasa menyebabkan saya tidak bisa lulus cum laude karena lewat dari lima tahun, tepatnya saya barus lulus setelah 5 tahun 3 bulan," kata dia.

Sedang disertasi Nasrullah berjudul Kinerja strategi pemilihan pelanggan dan pesaing sasaran, pengaruhnya terhadap kinerja strategi bauran pemasaran jasa dan nilai jasa serta implikasinya terhadap kepercayaan pelanggan (suatu survei atas pelanggan pemasang iklan pada industri surat kabar harian lokal di Provinsi Lampung). Dr. H.M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A. n UNI/S-1

Sumber: Lampungpost.Com

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris