Dapatkan 4 Manfaat di Saat Anda Sedang Merasa Bosan

22 Mei 2014 Artikel Pendidikan


Dalam diri setiap insan, terdapat suatu ruang yang lazimnya tidak digemari yaitu ruang kebosanan. Dimana dalam meniti detik-detik masa hidup, ruang kebosanan atau merasa suatu kekosongan dijiwanya adalah salah satu sifat lumrah insani. Bosan kadang membuat Anda malas untuk melakukan kegiatan.

Namun, ada beberapa manfaat ketika Anda merasa bosan. Mau tau apa saja? Simak yuk.

1. Meningkatkan kreativitas

Merasa bosan memungkinkan pikiran berlari ke mana-mana. Sehingga Anda pun mampu meningkatkan kreativitas dengan berbagai pemikiran baru yang tidak terduga. Penelitian bahkan membuktikan kalau melamun dan berimajinasi mampu memunculkan inspirasi.

2. Mengatasi masalah kecanduan gadget

Berkembangnya teknologi membuat banyak orang tak bisa lepas dari gadget yang dimiliki. Sehingga setiap kali merasa bosan, mereka pergi mengecek apa yang terjadi di dunia nyata. Padahal jika Anda bosan dan tidak mengecek ponsel, kebosanan akan membawa Anda untuk berimajinasi, melamun, atau duduk diam. Sepertinya aktivitas itu tidak penting, tetapi setidaknya Anda bisa bebas dari sindrom kecanduan gadget.

3. Mengosongkan pikiran

Orang yang bosan biasanya pikirannya kosong. Sebenarnya hal itu justru baik bagi kesehatan. Karena Anda membiarkan otak beristirahat dari berbagai hal yang mengganggu pikiran. Jadi ketika bosan, cukup diam dan jangan lakukan apa-apa. Biarkan otak bermeditasi sebentar saja.

4. Menemukan hobi baru

Bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja memang menyebalkan. Tetapi saat merasa bosan, Anda pasti mencari cara untuk menemukan hal baru, misalnya hobi atau minat yang tidak terduga sebelumnya. Jadi jangan takut dengan rasa bosan. Kalahkan dengan ketertarikan Anda pada hal-hal yang baru.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)