Dampak Positif Menonton Film Kartun

15 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Menonton film kartun adalah hal lazim untuk para anak-anak, remaja bahkan dewasa memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap animasi, mulai dari tv sampai komik, semuanya tak lepas dari alur cerita yang imajinatif dan terkesan heroik, namun tahukah Anda beberapa fakta kini telah didapatkan seputar dampak positif dari menonton film animasi serta kartun yang dapat mempengaruhi imajinasi dan kreativitas yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan ide anak.

Tahukah gambar diatas kartun apa? Pasti tau dong. Yups. Gambar diatas adalah Donal Duck dan Mickey Mouse. Dan taukah Anda bahwa ini adalah kartun pertama di dunia? Kartun pertama ini dibuat oleh Walter Disney, pada tahun 1901.

Pernahkah menonton kartun tersebut? Nah, berikut manfaat dari menonton kartun:

  1. Hiburan. Jelas, bagi anak-anak atau siapapun yang gemar kartun akan menganggap hal tersebut sebagai hiburan. Sebagian besar kartun seperti Tom and Jerry merupakan sarana hiburan bagi siapapun. Alur ceritanya sederhana namun tidak membosankan.
  2. Melatih daya tangkap anak. Film kartun yang sederhana ini dimaksudkan agar anak-anak mudah mencerna dan ngerti jalan cerita kartun tersebut. Bila mereka tertawa pada saat yang lucu, itu menunjukkan bahwa daya tangkap mereka mulai berkembang. Otak anak dirangsang dengan melihat warna-warna cerah dari kartun tersebut dan tentu saja musik atau soundtrack yang mendukung. Seperti kita tahu, musik berpengaruh merangsang otak.
  3. Menanamkan nilai-nilai. Tentu dalam setiap cerita, ada nilai buruk dan nilai baik yang ditanamkan. Tapi tentu, ini memerlukan peran orang tua untuk memberi tahu mana yang baik, dan mana yang tidak. Sambil menonton, anak tidak akan merasa dinasehati. Sebaliknya mereka senang mendengar penjelasan. Banyak nilai yang bisa disampaikan. Antara lain persahabatan, nilai sosial kehidupan sehari-hari, dan masih banyak lagi.
  4. Melatih kreativitas anak. Anak akan mulai mengkhayal akan kebenaran kartun yang mereka saksikan. Mereka menganggap itu nyata dan mulai berakting menjadi tokoh idola mereka dalam kartun tersebut. Anak-anak akan sering menggambar kartun favorit kita.


Nah, itu dia manfat-manfaat dari nonton kartun. Positif kan? Tetapi ingat untuk tidak terlalu sering menontonnya. Bagilah waktu dengan baik, peran orang tua sangat penting disini.

Oleh Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)