Dad, Kartun Ini Dapat Menginspirasi Anda Loh!

27 Mei 2014 Artikel Pendidikan


Apakah Anda menyenangi film kartun atau animasi? Meskipun dikemas dalam bentuk serial animasi dengan karakter-karakter yang lucu, tetapi film kartun pun membawa cerita yang dapat memberikan pengaruh kepada para penonton.

Tidak ada kerugian besar dengan kita menonton film kartun tersebut, bahkan dengan menonton film kartun menjadi inspirasi baru untuk kita.

Dilansir oleh digitaltvsignup.co.uk, berikut 5 tokoh ayah dalam film kartun yang dianggap memberikan contoh baik.

Marlin (Finding Nemo)
Setelah kehilangan sang istri dan bayi-bayinya, Marlin mengasuh seorang diri anak semata wayangnya, Nemo. Seperti kebanyakan hubungan ayah-anak, perjalanannya tidak selalu mulus. Tetapi tokoh ayah ikan ini selalu mencoba dan mencari yang terbaik untuk Nemo. Marlin membuktikan rasa cintanya dengan menempuh perjalanan yang membahayakan demi menemukan sang anak.

The Great Prince Of The Forest (Bambi)
Film Bambi adalah salah satu film klasik yang menggugah hati. Walaupun ayah Bambi adalah rusa yang paling tua dan terkuat di hutan, ia selalu ada untuk Bambi setelah sang ibu Bambi tertembak. Hubungan ayah-anak antara Bambi dan ayahnya memang tidak sehangat film Nemo, tetapi dikisahkan bahwa sang ayah mendidik Bambi agar mandiri, seperti ketika ia melihat Bambi dengan bangga diam-diam dari atas bukit. Hmm, memang seharusnya ayah mendidik anaknya dengan penuh rasa tanggung jawab dan kemandirian, bukan?

Popeye
Terkenal dengan keperkasaan dan penyuka bayam. Ternyata dibalik penampilannya yang sangar, Popeye adalah sosok ayah yang tulus dan mengagumkan. Pada sebuah episode di tahun 1933, Popeye menemukan bayi ditinggalkan di depan pintu rumahnya. Bayi yang kemudian dipanggil Sweet Pea itu diasuh oleh Popeye. Tokoh Popeye mematahkan stereotip ayah yang dianggap tak bisa mengasuh anak kecil. Buktinya, seringkali diceritakan Popeye menyuapi Sweet Pea dengan sesendok bayam.

Mufasa (Lion King)
Mufasa, ayah dari Simba ini sangat bangga pada anaknya. Diceritakan, hubungan Mufasa dan Simba sangatlah dekat. Si raja hutan ini melakukan terbaik yang ia bisa untuk menyampaikan pengetahuan dan ketrampilan hidupnya agar Simba bisa mengurus dirinya sendiri. Ia mengajarkan simba tentang makhluk hidup dan perbedaan antara keberanian dan arogansi.

Professor Utonium (Powerpuff Girls)
Meskipun kisah bagaimana 'lahirnya' Powerpuff Girls sedikit aneh, tetapi tak dapat disangkal sosok professor jangkung ini adalah ayah yang baik. Ilmuwan nyentrik ini sangat melindungi anak-anak perempuannya dan mendukung apapun yang disukai oleh tiga gadis kecilnya. Walaupun digambarkan sebagai sosok yang mudah gugup, ia masih dapat bersikap tegas pada tiga gadis ciliknya. Terutama jika mereka tertidur selama jam sekolah.

Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk menonton kartun?

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)