Coba 4 Tips Ini Agar Anda Memiliki Karisma Lebih Kuat!

25 Februari 2015 Artikel Pendidikan


Kita sering berpikir bahwa charisma merupakan pemberian dari Tuhan yang didapat dari lahir. Seseorang seperti Oprah, Steve Jobs, Martin Luther King atau Mahatma Gandhi mampu memikat banyak orang. Hal itu merupakan berkah yang tidak mungkin orang biasa memilikinya. Namun kenyataannya, anggapan itu salah.

"Karisma hanyalah hasil dari perilaku yang dipelajari," kata Oliva Fox Cobane, penulis buku The Charisma Myth. Dia mencontohkan Steve Jobs. Menurutnya, Jobs adalah "Orang yang malu-malu dan canggung." Tetapi, Jobs akhirnya berlatih untuk meningkatkan karismanya selama bertahun-tahun.

Anda juga mau berusaha menjadi berkarisma seperti Steve Jobs? Berikut ini tips - tips yang bisa Anda coba agar karisma Anda lebih kuat:

1. Mengekspresikan apa yang dirasakan

Menurut Ronald E. Riggio, seorang psikolog di Claremont McKenna College, orang yang karismatik mengungkapkan perasaan mereka secara spontan dan tulus. Hal itu dapat mempengaruhi seuasana hati dan emosi orang lain.

2. Jadilah pribadi yang benar-benar tertarik pada orang sekitar

Menjadi pribadi yang tertarik dan perhatian pada orang di sekitar, seperti meminta pendapat mereka, menanyakan tentang kehidupan dan kepentingan mereka, mendengarkan dan tidak menginterupsi.

3. Gunakan bahasa yang dapat menyentuh perasaan orang lain

Orang sukses biasanya memanfaatkan emosi seperti harapan, kebencian atau cinta dari orang lain. Contohnya adalah seorang presiden, dirinya akan selalu menyentuh perasaan orang lain, walaupun secara tidak langsung. Hal itulah yang membuat ia terlihas karismatik di mata rakyatnya.

4. Memiliki panutan

Seorang yang berkarisma biasanya memiliki tokoh yang menjadi panutannya dan bebar - benar dipercaya. Bila Anda ingin memiliki karisma yang kuat, cobalah mencari seseorang yang tepat untuk jadikan panutan!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags