Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan Dirumah dengan Tips Ini

29 November 2016 Artikel Pendidikan


Belajar dengan nyaman, tenang serta menyenangkan merupakan keinginan semua anak. Karena dengan suasana tersebut, ilmu yang sedang dipelajari bisa mudah diserap. Semakin nyaman dan menyenangkan suasana belajar, anak akan semakin mudah dalam memahami pelajaran. Sebaliknya, semakin tidak nyaman suasana belajar, anak akan semakin sulit dalam memahami suatu pelajaran. Semua anak akan bersemangat belajar jika suasana belajar sangat kondusif dan menggairahkan. Prestasi belajar akan dapat dicapai dengan memuaskan. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak maupun orang tuanya.

Rendahnya kemauan belajar di rumah sering berawal dari lingkungan belajar yang tidak kondusif. Suasana di rumah serba bising dan bikin pusing kepala. Di samping itu juga disebabkan sarana dan pendukung untuk belajar kurang memadai. Misalnya, buku belajar, tempat belajar, dan suasana di rumah sangat kurang pencahayaan atau penerangan. Kondisi belajar yang menyenangkan itu tidak datang dengan sendirinya. Siswa perlu kreatif bagaimana untuk menciptakannya.

Berikut tips untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan:
1. Alat dan bahan

Segala keperluan belajar hendaknya dipersiapkan terlebih dulu. Misalnya pena, rol dan buku pelajaran. Kebiasaan mencari buku atau peralatan yang diperlukan dalam belajar sering membuang waktu belajar. Akhirnya konsentrasi terpecah untuk belajar akibat sesuatu yang dicari belum ketemu.

2. Tempat belajar
Ruang belajar yang bersih dan tertata dengan rapi akan membuat pikiran jadi senang dan hati jadi nyaman. Semangat belajar akan timbul. Siswa akan betah membaca buku pelajaran. Pikiran pun mudah menangkap apa yang sudah dibaca dan dipelajari.

3. Lampu
Di ruang belajar sebaiknya menggunakan lampu yang tidak terlalu redup atau terlalu terang. Terlalu redup akan menimbulkan rasa malas belajar dan ngantuk. Namun terlalu terang akan membuat mata cepat lelah. Oleh sebab itu gunakan bola lampu tabung atau lampu LED. Usahakan tidak menggunakan bola lampu pijar.

4. Ruangan
Ruangan belajar usahakan sesejuk mungkin dan senyaman mungkin. Jika cuaca terlalu gerah gunakan kipas angin dengan kecepatan putar sedang. Jika putaran kipas angin terlalu cepat akan menimbulkan bunyi sehingga mengalihkan perhatian dari belajar.

5. Pendukung belajar
Pendukung belajar dalam hal ini adalah makanan ringan atau minuman kesukaan. Namun bagi sebagian siswa pendukung belajar seperti ini tidak dibutuhkan. Justru hal ini akan merusak konsentrasi belajarnya.

Semoga ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)