Artikel Pendidikan
3 September 2009

Cermati Penggunaan Ponsel pada Anak

Perkembangan teknologi ponsel yang demikian pesat tidak selamanya baik terutama untuk anak-anak. Mengingat semakin banyak anak sekolah dasar (SD) telah mengenal ponsel. Tak sulit bagi anak untuk mengunduh hal-hal negatif melalui ponsel tanpa sepengetahuan orangtua.
Demikian dikatakan Ruth A. Peters, PHD seperti yang dikutip dari MSNBC, Senin (31/08). Dijelaskan Ruth, terkadang orang tua mengabaikan kemampuan anak untuk mengutak-atik ponsel hingga berujung pada penyalahgunaan. "Memang banyak isu yang harus dipikirkan dan beberapa tips nampaknya bisa membantu saat memutuskan rencana terbaik untuk anak dan keluarga secara umum," tuturnya.

Pertama, saat memutuskan untuk memberikan ponsel, kata dia, sebaiknya orang tua harus mengatakan tujuan awal kepada anak-anak mengapa diberikan ponsel. Ruth menyarankan orang tua menjelaskan lebih detail seperti ponsel hanya digunakan untuk mengetahui dimana keberadaan anak dan kapan waktu untuk menjemputnya."Semua intinya tentang masalah komunikasi," tegasnya.

Seandainya menggunakan ponsel milik orang tua, kata Ruth, sebaiknya disediakan nomor-nomor yang sekiranya memang dibutuhkan anak. Tak hanya itu, untuk pengoperasian beri tahu anak tentang jangka waktu penggunaan dengan cara melihat limit waktu. Dengan begitu, kata dia, Orang tua secara tidak langsung mengajarkan anak untuk hidup hemat saat menggunakan pulsa.

Selain waspada terhadap penggunaan pulsa, menurut Ruth, orang tua patut mewaspadai fitur-fitur ponsel berupa gambar dan video. Artinya, orang tua tidak hanya mengawasi pada penggunaan sms dan telepon pada ponsel tapi juga akses terhadap fitur-fitur yang terdapat dalam ponsel."Masalah fitur memang tergantung dari pembelian ponsel tapi sama pentingnya dengan kontrol orang tua terhadap pengaturan isi ponsel," tegasnya.

Setelah memutuskan untuk memberikan ponsel kepada anak, langkah yang wajib dilakukan orang tua adalah memberikan rasa tanggung jawab kepada anak saat menggunakan ponsel. Bukan tanpa alasan, menurut Ruth, pemberian tanggung jawab ini akan membentengi anak terhadap hal-hal yang tidak diharapkan.

"Biarkan anak anda tahu bahwa ponsel merupakan sesuatu yang harus dipertanggung jawabkan dan itu berasal dari anda. Anak-anak bisa menggunakannya selama penggunaan ponsel sesuai dengan aturan yang disepakati," tuturnya.

Tak hanya memberikan rasa tanggung jawab, arahkan anak pada penggunaan ponsel dengan sifat edukasi. Ruth menyarankan agar orang tua memberikan pengetahuan kepada anak untuk melihat data-data mereka, tagihan ponsel via sms, jumlah pulsa yang digunakan dan dengan siapa mereka berbicara.

"Bila ponsel anak Anda terdapat fasititas internet, akseslah secara bersama dan buatlah persetujuan aturan yang diperlukan untuk anak sesuai dengan umur dan tingkat kedewasaannya. Janganlah takut untuk menciptakan batasan-batasan," pungkasnya.

Perlu diingat, tambah Ruth, pastikan anak mendapatkan ponsel dengan benar dan bertanggung jawab dengan cara memonitor percakapan yang dilakukan, gambar, video dan penggunaan internet. (cr2/rin)

Sumber: Republika Online (republika.co.id)

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris