Cara Tepat Menghukum dan Mendidik Anak

18 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Mendidik anak yang benar adalah membuat anak sadar dan paham untuk mengendalikan dirinya, sehingga dia tahu mana perbuatan yang benar dan mana perbuatan yang salah. Mendidik anak yang keliru adalah membuat anak patuh karena dia takut dihukum. Hukuman untuk anak merupakan suatu cara yang dilakukan oleh orang tua untuk memberikan hukuman atau sanksi kepada anaknya yang bertujuan untuk memberikan efek jera dari anak dalam melakukan kenakalan atau kesalahan. Namun menghukum anak merupakan suatu hal yang tidak menyenangkan dan membuat orang tua merasa bersalah tapi hal tersebut perlu dilakukan apabila anak melakukan kesalahan dan kenakalan yang diluar batas wajar.

Menghukum anak memang hal yang terkadang dihindari oleh orang tua. Kebanyakan orang tua tidak ingin menghukum anaknya, namun apabila sang anak sudah rewel dan membandel sementara orang tua sudah letih, maka menghukum anak pun tidak dapat dielakkan lagi. Terkadang apabila orang tua sudah merasa letih seperti demikian, orang tua tanpa sadar menjewer, memukul, dan berteriak keras kepada anak. Hal tersebut lebih baik tidak dilakukan karena hanya akan membuat anak merasa trauma terutama anak di bawah umur.

Ada cara yang tepat untuk menghukum anak dibawah umur yaitu

1. Dengan meninggalkan anak untuk sementara waktu, dalam artian membiarkan dia atau mendiamkannya.
2. Cara memberi hukuman untuk anak lainnya adalah dengan tidak memperbolehkannya untuk melakukan hal-hal yang dia inginkan agar anak tidak melakukan lagi kesalahan.
3. Meminta anak untuk tetap tinggal di kamar dalam waktu beberapa lama agar dia merasa bersalah dan dapat berpikir. Bagi anak yang memasuki usia dua tahun maka orang tua sebaiknya membiarkan dia hingga tenang.

Hukuman yang cocok bagi anak tidak hanya melihat dari kesalahannya saja tetapi melihat pula kenakalan yang dilakukannya. Bersikap adil dalam memperlakukan anak sangat diperlukan namun bukan berarti dalam memberikan hukuman pun pada setiap anak disamakan karena karakter setiap anak berbeda dan harus disesuaikan pula dengan usianya. Dendam dari orang tua bukan berarti menjadi tujuan dari memberikan hukuman kepada anak tetapi menghukum anak merupakan suatu tindakan untuk membatasi batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar oleh anak.

Ada prinsip yang harus Anda lakukan dalam menghukum anak, yaitu adil, tegas dan konsisten.

a. Adil yang dimaksud yaitu Anda harus melihat terlebih dahulu kesalahan anak dan kenakalannya dengan cara yang bijaksana dan tidak menghakimi anak.
b. Tegas, pastikan bahwa apa yang Anda katakan benar-benar sesuai dengan keinginan Anda, bila Anda mengatakan "ya" berarti ya dan bila Anda mengatakan "tidak" berarti tidak.
c. Dan prinsip hukuman untuk anak yang terakhir adalah konsisten, jangan sampai Anda biarkan suasana hati menjadi pengendali keputusan Anda.

Selain itu, hukuman bagi anak harusnya tidak dengan mempermalukan, menghina atau dengan merendahkan anak. Karena hukuman dimasudkan untuk dapat mengajarkan pada anak bahwa berperilaku buruk itu memang salah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)