Cara Orangtua Mengatasi Anak yang Suka Membantah

14 Januari 2014 Artikel Pendidikan


Banyak anak yang cenderung cuek dalam artian ketika dinasihati atau diajak berbicara orang tuanya, mereka tak mau mendengarkan. Menjengkelkan bukan jika Anda salah satu orang tua yang mengalami hal itu?

Tapi tenang, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan orang tua agar si kecil bisa lebih memperhatikan Anda terutama untuk mendengar apa yang Anda bicarakan, seperti dikutip dari Boldsky.com berikut ini:

1. Jangan membandingkan anak

Jangan pernah membandingkan anak dengan teman-temannya. Anda harus memahami bahwa setiap anak berbeda. Selain itu, gunakan pula pesan atau nasihat sederhana yang meskipun sedikit demi sedikit tapi bisa dimengerti anak. Ketimbang satu nasihat yang panjang dan rumit akan membuat anak makin 'malas' mendengarkan Anda.

2. Tak perlu berteriak

Sebaiknya jangan berteriak dan memaksa anak untuk mendengarkan perkataan Anda. Berteriak pada anak justru membuat mereka merasa cemas, lebih agresif, dan cenderung lebih keras kepala. Ada baiknya Anda lebih tenang ketika berbicara dengan anak. Jangan lupa pula untuk jadi lebih ekspresif sehingga anak bisa mengalihkan perhatiannya pada Anda.

3. Ubah cara komunikasi

Jangan gunakan istilah yang rumit saat berbicara dengan anak. Saat berbincang dengan anak, pastikan mereka mengerti intonasi, nada bicara, dan jalan pikiran yang Anda utarakan dalam bentuk percakapan.

4. Ganti kata 'tidak' dengan 'lebih baik' atau 'ya'

Mendengar kata tidak bisa jadi membuat anak lebih tidak mendengarkan Anda. Hanya dengan mengganti kata tidak dengan ya atau lebih baik, mereka akan mengetahui bahwa Anda sebagai orang tua benar-benar menyayanginya dan mereka pun lantas mau mendengarkan Anda.

5. Berakting seperti mereka

Menyampaikan sesuatu bisa berhasil dilakukan ketika orang tua berakting layaknya putra putri mereka sesuai dengan umurnya. Namun, jika memang anak sudah melampaui batas, sesekali Anda bisa tegas saat berbicara dengan mereka.

6. Beri fakta

Banyak anak yang cenderung ngeyel ingin tahu suatu alasan ketika mereka dinasihati orang tuanya. Nah, sebelum berbicara dengan anak, ada baiknya Anda menyiapkan berbagai informasi berupa fakta-fakta yang kemungkinan akan muncul dari pertanyaan mereka.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari Berbagai sumber)