Cara Mudah untuk Menjadi Dewasa dalam Berpikir

2 April 2014 Artikel Pendidikan


Berpikir dewasa itu memang sangat diperlukan dalam sosial kita, bahkan dalam sebuah hubungan pun membutuhkan sebuah pola pikir dewasa. Terkadang umur bukanlah jaminan untuk menentukan seseorang itu sudah dianggap bisa berpikir dewasa atau belum karena biasanya kematangan cara berpikir seseorang akan di pengaruhi sedikit banyaknya dari pengalaman hidup yang sudah mereka lalui, terkadang kita melihat ada orang yang cukup berumur tapi cara berpikirnya masih kekanak-kanakan dan bingung dalam mengambil keputusan, dilain sisi terkadang ada orang yang menurut kita masih sangat muda malah dia dapat berpikir dengan cara pandangnya orang yang sudah matang dan dewasa.

Menjadi dewasa dalam pikiran dan tindakan tidak harus mengganti gaya berpakaian dan sejenisnya. Menjadi dewasa di sini lebih cenderung kepada bagaimana seseorang menyikapi setiap hal yang terjadi dalam hidupnya. Bagi sebagian besar orang, menjadi dewasa dalam berpikir mungkin masih merupakan satu hal yang rumit. Untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menjadi dewasa dalam berpikir, berikut langkah mudah agar Anda bisa lebih bijaksana dalam hidup Anda:

Berikut langkah menjadi orang yang bisa berpikir dewasa:
1.Jaga ucapan dan perbuatan

Ucapan dan perbuatan akan menentukan dewasa atau tidaknya kita dalam berpikir. Mulai sekarang, pikirkanlah matang-matang setiap ucapan yang akan Anda lontarkan atau perbuatan yang akan Anda lakukan. Ingatlah bahwa segala sesuatu ada konsekuensinya, jadi jangan terlalu ceroboh dalam berkata dan bertindak.

2.Bersosialisasi
Bersosialisasi di sini artinya Anda harus meluaskan pergaulan Anda dengan siapapun tanpa memandang hal-hal tertentu sebagai persyaratannya. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya jadi Anda harus memperlakukan mereka secara adil. Dengan bersosialisasi, pengalaman Anda akan bertambah dan pemikiran Anda akan menjadi lebih luas.

3.Bangga dengan diri sendiri
Jangan terlalu minder terhadap diri sendiri. Anda bukanlah satu-satunya orang yang menderita atau kekurangan karena tidak sama dengan mereka yang kaya atau rupawan. Mulailah untuk menjadi bangga terhadap diri sendiri, namun ingat, Anda harus tahu batasannya sehingga tidak menjadi pribadi yang sombong.

4.Jadi diri sendiri
Hal terutama yang harus Anda lakukan adalah menjadi diri Anda sendiri. Anda harus bisa membedakan level Anda sekarang. Anda tidak bisa bertingkah layaknya anak-anak lagi jika Anda ingin dianggap orang sudah dewasa. Namun dalam hal ini, Anda tidak harus meniru orang lain, jadilah diri sendiri yang sewajarnya.

Itulah cara mudah untuk menjadi dewasa. Jika Anda melakukannya maka sisi dewasa dalam berpikir milik Anda sudah terbangun.

Selamat mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)