Cara Merangsang IQ Bayi Sejak dalam Kandungan

29 April 2014 Artikel Pendidikan


Orang tua sangat mendambakan anaknya memiliki IQ yang tinggi. IQ yang tinggi sering dikaitkan dengan kecerdasan anak dan kesuksesan di masa yang akan datang. Namun, hingga kini belum banyak orang yang tahu bagaimana cara merangsang IQ bayi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan ibu untuk merangsang perkembangan otak bayi seperti dengan memberikan pijatan, memberikan rangsang cahaya, suara, dan sebagainya.

Rangsangan terhadap IQ pada bayi sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan ketika bayi sudah lahir. Saat masih dalam kandungan pun ibu sudah bisa merangsang IQ bayi.

Berikut beberapa cara untuk merangsang IQ bayi sejak dalam kandungan:
1. Ajak Bicara
Sering-seringlah mengajak janin bicara atau mengobrol untuk merangsang IQ bayi. Pada usia kehamilan di atas 23 minggu, janin sudah bisa mendengarkan, merespon gerakan, dan melihat cahaya. Oleh karena itu, sering-seringlah mengajaknya bicara. Bisa juga dilakukan dengan mengajak janin mendengarkan music.

2. Merangsang Visual
Rangsangan visual bisa Anda lakukan dengan cara melihat gambar-gambar indah, memotret, atau melihat pemandangan alam. Dengan melihat gambar-gambra seperti ini, Anda akan menjadi lebih rileks dan inilah yang akan merangsang perkembangan IQ pada bayi.

3. Nutrisi Cukup
Penuhi kebutuhan nutrisi bayi agar perkembangan dan pertumbuhannya bisa berjalan dnegan baik, terutama yang berhubungan dengan otak dan saraf. Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan Omega 3 serta DHA yang tinggi seperti salmon, tuna, daging unggas, telur, dan sebagainya. Kandungan omega 3 dan DHA ini memungkinkan perkambangan otak secara optimal.

4. Rangsangan Cahaya
Cahaya redup yang didekatkan pada perut ibu bisa merangsang bayi untuk memberikan responnya. Hindari cahaya yang terlalu terang karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Jika bayi Anda bergerak, ini menjadi sebuah pertanda bahwa ia merespon rangsangan Anda.

5. Jangan Stres
Ibu hamil memang sering mengalami perubahan emosi yang cukup drastis. Ibu akan lebih mudah merasa khawatir, cemas, takut atau tegang dalam menjalani kehamilan. Ia juga akan mudah stres, sensitive, depresi, dan sebagainya. Hindari stres dengan melakukan meditasi, yoga, dzikir, atau relaksasi. Tetaplah berpikiran positif tentang apapun agar kehamilan Anda bisa berjalan dengan baik hingga nanti terjadi proses persalinan.

Itulah ulasan terkait cara merangsang IQ bayi sejak dalam kandungan. Semoga dapat bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)