Cara Menjadi Guru Kreatif di Kelas

9 Mei 2016 Artikel Pendidikan   |    Agus Sampurno


Guru masa kini punya banyak cara untuk menjadikan dirinya kreatif. Di sekeliling kita saat ini bertebaran ide dan gagasan yang tinggal diambil dan digunakan. Tapi mari kita definisikan dulu makna guru kreatif, jika menjadi guru kreatif yang muncul di pikiran Anda adalah Prof Yohannes pakar fisika kita, Anda mungkin benar. Di tangannya anak-anak di sulap menjadi juara fisika dengan pengajaran yang asyik dan mengena sehingga yang diajar senang dan ingin terus belajar lagi. Tapi juga bisa salah karena tidak perlu gelar pofesor untuk jadi kreatif. Tidak perlu bergelar tinggi untuk bisa kreatif. Kita pun guru biasa pasti bisa dan mampu menjadi kreatif. Selama pengalaman saya mengajar saya banyak menemukan guru yang kreatif bahkan dalam keterbatasan. Jadi pepatah yang mengatakan ada uang ada fasilitas, baru guru bisa menjadi kreatif sekarang mulai berubah.

Berikut beberapa cara yang bisa menjadikan Anda guru yang kreatif saat di kelas:
1. Konsentrasikan diri Anda pada perencanaan mengajar

Mengajar berarti mempersiapkan, kata-kata tersebut pasti disetujui oleh guru manapun di muka bumi. Memang betul dengan mempersiapkan berarti keberhasilan sudah ditangan kita 80%. Dengan persiapan kita merasa makin percaya diri. Hal ini berlaku untuk semua guru baik yang baru memulai karir mengajarnya sampai yang sudah puluhan tahun mengajar. Mengatakan bahwa materi pengajaran sudah diluar kepala, sudah bukan zamannya lagi. Hal tersebut seperti mengatakan bahwa semua materi pengajaran sudah dihapal dan tidak perlu perencanaan lagi. Padahal hal tersebut rawan pengulangan saat mengajar dan ujungnya akan membuat siswa bosan.

2. Terbuka untuk perubahan dan berbuat salah
Salah satu ciri kreativitas adalah perubahan, saat berubah mungkin saja mengalami kegagalan dan ketidak berhasilan. Disarankan saat mengalami kegagalan dalam berusaha mengajar kreatif di kelas, jangan memarahi diri sendiri. Tanpa sadar kita sering memarahi diri sendiri, padahal sifat mau mencoba dan gagal sudah menjadi satu paket dalam keberhasilan menjadi seorang guru kreatif. Perbaiki saja rencana pengajaran yang sudah dibuat sambil ditambahkan refleksi (cerita) mengapa gagal dan hal apa yang mesti diperbaiki lain kali. Bahkan proses dalam Anda memperbaiki cara mengajar Anda dari hari ke hari telah membuat Anda menjadi guru kreatif tanpa Anda sadari.

3. Siap diajak kerja sama
Menjadi kreatif itu banyak cara dan jalannya, yang paling gampang adalah menampilkan diri sebagai seseorang yang berpikiran terbuka dan siap diajak kerja sama. Karena dari kerja sama itu kita menjadi banyak belajar dan tanpa terasa keterampilan kita akan makin bertambah. Jika Anda guru baru tapi siap dan senang diajak kerja sama maka rekan Anda yang senior akan gembira mengajak Anda ikut serta dalam kegiatan. Ketika kedekatan pribadi sudah tercipta maka guru yang lebih pengalaman dari kita akan dengan senang hati berbagi tips dan pengalaman kreatifnya saat kita tanyakan.

(Penulis adalah Kepala sekolah di Ananda Islamic School Jakarta Barat, penggiat penggunaan Sosial Media dan teknologi di sekolah.
Tulisan lainnya bisa dilihat di
sini)