Cara Mengetahui NISN Siswa

9 Februari 2015 Artikel Pendidikan


Biasanya jika mendekati akhir semester baik SD, SMP & SMA sederajat, pasti administrator sekolah akan mempersiapkan beberapa dokumen-dokumen kelengkapan siswa. Terutama bagi yang ingin menempuh Ujian Nasional serta pindah sekolah. Nah, salah satu kendalanya pada kelengkapan dokumen adalah NISN siswa.

Mungkin diantara beberapa siswa sekolah masih belum mengetahui NISN-nya sendiri. Padahal NISN sangatlah penting untuk diketahui oleh siswa ketika UN berlangsung. Selain itu, NISN juga digunakan ketika akan berpindah sekolah. Di sekolah baru tersebut pasti akan menanyakan kelengkapan dokumen siswa terutama NISN.

Seberapa penting NISN itu? Lalu, apa itu NISN? NISN sendiri merupakan Nomor Induk Siswa Nasional yang digunakan kode pengenal untuk siswa sekolah yang unik dan berlaku nasional dalam rangka pengelolaan data siswa secara nasional secara akurat dan akuntabel. Selain itu, NISN juga mengidentifikasikan bahwa para siswa terdaftar dalam Kementrian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud).

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana cara mengetahui NISN siswa? Berikut ini ada langkah-langkahnya untuk mengetahui NISN siswa.

1. Anda dapat membuka Website resminya di NISN Dapodik
2. Pada website tepatnya di sebelah kiri, silahkan pilih menu Data Siswa
3. Setelah dipilih maka anda akan dihadapkan 2 pilihan yakni Pencarian Berdasarkan NISN & Pencarian Berdasarkan Nama. Pilih Pencarian Berdasarkan Nama.
4. Pada Pencarian ini, anda akan diminta untuk memasukan data siswa yang ingin diketahui NISN-nya. Isi data lengkap sesuai dengan data lengkap siswa.
5. Setelah sesuai dengan data lengkap siswa, silahkan pilih Cari maka akan terlihat data diri siswa beserta dengan NISN siswa.

Cara diatas digunakan untuk mengetahui NISN siswa. Lalu bagaimana dengan sekolah tanpa NPSN apa bisa memiliki NISN? Tenang saja karena NISN sendiri selalu di update otomatis oleh sistem Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Jadi, meskipun sekolah belum mengusulkan atau belum memiliki NPSN, siswa tetap mendapatkan NISN. Dalam sistem pendataan NISN sendiri di kelola oleh Dapodikmen.

Jika belum memiliki NISN, Siswa dapat mengajukan kepada sekolah khususnya Kepala Sekolah untuk didata dan diproses di Dapodik atau bisa dilihat caranya di Permohonan NISN siswa. Apabila ingin menanyakan prosedur serta konfirmasi mengenai NISN siswa bisa dihubungi Helpdesk NISN Dapodik.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari nisn.kemdikbud.go.id)