Cara Mengatasi Anak yang Lambat Belajar

13 Desember 2013 Artikel Pendidikan


Memiliki anak yang berprestasi dan dapat mengikuti pelajaran sekolah dengan baik tentunya menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi para orang tua. Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat anaknya memiliki prestasi tersendiri; walaupun sebenarnya tidak setiap anak memiliki kemampuan yang sama dalam menerima pelajaran baru, beradaptasi dengan lingkungan baru dan melakukan berbagai kegiatan akademik lainnya.

Sementara banyak orang tua ingin anak-anak mereka untuk tampil baik di sekolah, sehingga mereka akhirnya menekan mereka untuk mencapai keberhasilan. Tapi ketika anak-anak mereka gagal untuk melakukan baik dalam kegiatan akademik atau lainnya, mereka akan dihukum. Ini sebenarnya menjadi tanggung jawab orang tua untuk memahami masalah mendasar yang dihadapi anak dan mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang lambat dalam belajar. Anak-anak memiliki tingkat yang berbeda dari belajar, salah untuk menempatkan mereka semua pada satu platform karena mereka memiliki level yang berbeda dalam belajar akademis dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Banyak anak-anak yang gagal untuk memahami pelajaran yang diajarkan atau tidak dapat memahami penjumlahan matematika seperti anak-anak lain yang sering disebut sebagai lambat belajar. Penting untuk dicatat bahwa, anak yang lambat belajar tidak dapat dikategorikan sebagai anak-anak yang memiliki masalah khusus, tetapi mereka hanya memiliki masalah dalam belajar. Mereka sering mengalami kendala belajar hal baru, menghadapi kesulitan dalam belajar dan menghafal konsep-konsep baru dengan cepat. Oleh karena itu merupakan peran orang tua dan guru untuk membantu anak-anak untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa tips untuk orang tua untuk mengatasi anak yang lambat belajar:

1. Makanan sehat dan tidur yang cukup

Sarapan yang sehat dan tidur yang cukup sangat penting untuk membantu anak belajar lebih baik. Lingkungan yang sehat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan di bidang akademik mereka. Tempat yang tenang dan sejuk, makanan sehat, dan tidur yang cukup pasti akan membantu anak-anak ini.

2. Bantuan dalam mengerjakan pekerjaan rumah

Ketika memiliki anak yang lambat belajar, berikanlah waktu khusus untuk membantu mereka dalam pelajaran. Misalnya, membantu mereka saat mengerjakan PR dan periksa pekerjaan rumahnya. Ini tidak hanya akan membantu mereka mengingat apa yang telah mereka pelajari, tetapi juga membantu mereka lebih siap menghadapi ujian. Hanya, jangan paksa mereka untuk selalu belajar. Pastikan mereka mendapat waktu istirahat di antara sesi pekerjaan rumah mereka.

3. Libatkan dalam kegiatan yang menyenangkan

Dunia anak adalah dunia bermain. Maka dari itu, jangan terlalu memaksa mereka untuk belajar. Sesekali biarkan mereka bersenang-senang dengan permainan favoritnya. Kegiatan semacam ini membuat mereka merasa segar dan mereka akan segera kembali ke kegiatan akademik mereka.

4. Revisi

Sebelum tidur, pastikan Anda memberikan pengulangan bahan pelajaran yang tepat untuk anak-anak Anda dengan mengajukan pertanyaan dengan cara yang menyenangkan, misalnya kuis. Jika mereka gagal menjawab, jelaskan jawaban secara perlahan sehingga mereka bisa memahami.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)