Cara Mengatasi Anak yang Bermasalah di Sekolah

15 September 2018 Artikel Pendidikan


Guru adalah profesi yang mudah tidak mudah. Apalagi menjadi guru tingkat sekolah dasar, tentulah itu menjadi profesi yang sulit. Pada tingkat sekolah dasarlah anak akan membentuk karakternya ketika ia dewasa kelak. Akan ada saja anak yang bermasalah di sekolah, karena pada dasarnya setiap manusia itu unik. Namun sebagai seorang pendidik, Anda perlu mengetahui cara untuk mengatasi masalah-masalah anak didik tersebut.

Jika anak didik di sekolah mengalami suatu masalah, maka hal pertama kali yang perlu dilakukan oleh pendidik adalah mencari tahu apa yang menyebabkan masalah pada peserta didik itu muncul. Jalinlah kerjasama dengan orangtua siswa untuk mengetahui masalah apa yang terjadi, siapa tahu masalah tersebut timbul dari dalam keluarganya.

Untuk memecahkan masalah tersebut juga guru perlu menjalin kerjasama dengan orangtua siswa, agar guru dan orangtua sama-sama mengetahui masalah yang terjadi dan mencari bagaimana solusinya. Selain itu berikanlah perhatian khusus pada anak yang bersangkutan. Lakukanlah pendekatan secara persuasif pada anak yang mengalami masalah di sekolah.

Dengan menggunakan pendekatan secara persuasif kepada anak, maka anak tersebut pasti akan bercerita mengenai apa yang sebenarnya terjadi, dengan begitu guru pun akan lebih mudah mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan lebih mudah mencari solusinya, karena pasti setiap masalah yang dialami setiap anak di sekolah berbeda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)