Cara Mengajarkan Anak Agar Berpikiran Positif

22 November 2013 Artikel Pendidikan


Masa kecil adalah masa pembentukan konsep diri, citra diri, dan kecenderungan pada diri manusia. Ajaibnya, semua itu terbentuk bukan hanya melalui tutorial, melainkan diawali oleh pikiran dan persepsi yang timbul dalam benak sang anak. Di masa kini, banyak anak yang pencemas dan mengkritik diri sendiri sejak usia dini. Kabar baiknya, orang tua dapat membantu anak-anak mereka mengembangkan pemikiran positif, disiplin yang dapat dikembangkan lewat latihan.

Berpikiran positif terbukti bisa memperpanjang umur dan akan membuat seseorang merasa lebih bahagia karena tidak berpikiran mengenai hal-hal yang negatif. Ada baiknya mengajarkan hal tersebut kepada buah hati sejak mereka masih kecil. Bagimana caranya?

Berikut beberapa cara mengajar anak untuk terus berpikiran positif:
1.Tertawa

Tertawa, salah satu cara mengajarkan anak berpikir positif karena terbukti bisa memperpanjang umur dan akan membuat seseorang merasa lebih bahagia karena tidak berpikiran mengenai hal-hal yang negatif. Tidak ada obat yang lebih baik untuk membuat hati anda merasa bahagia selain tertawa. Jika sering mengeluh, secara tidak langsung itu akan membuat anak anda merasa takut dan enggan untuk mendekati anda. Jadi, hindari lah mengeluh terus menerus, banyak tertawa akan membuat anak merasa nyaman didekat anda dan tidak ragu untuk menceritakan segala hal kepada anda. Ada baiknya mengajarkan hal tersebut kepada buah hati sejak mereka masih kecil.

2.Semangat
Tunjukkan sikap antusias dalam hal apapun yang anda lakukan dihadapan anak meskipun saat itu sedang berada dibawah tekanan. Hal ini akan membuat anak berpikir bahwa apapun yang terjadi, kita harus tetap semangat untuk melakukan sesuatu. Selain itu, berilah contoh pada anak untuk tidak mengeluh bila mengerjakan sesuatu. Ajarkan mereka untuk melakukannya dengan senang hati agar semua yang mereka lakukan bisa sukses.

3.Perlakukan semua orang dengan baik
Mungkin ada beberapa orang yang anda tidak sukai,namun jangan tunjukkan hal itu didepan anak-anak. Ajarkan pada mereka untuk menghormati semua orang dan hanya melihat perbuatan baik orang lain agar mereka tetap bersikap positif. Ini akan membuat mereka menghargai setiap manusia dan menjadi sumber inspirasi positif bagi orang disekitarnya nanti.

4.Bersikap sopan
Sikap dan sifat seorang anak bergantung bagaimana orang tua mereka, karena seorang anak akan mengambil contoh dari apa yang orang tua mereka lakukan. Bersikap sopanlah meskipun dihadapan anak sendiri. Kesopanan merupakan pelajaran yang sangat penting yang harus diajarkan kepada anak-anak.

5.Tunjukkan bahwa anda mencintai semua orang
Ini akan membuat anak belajar untuk mencintai tanpa syarat, anak-anak harus diajarkan untuk saling sayang dan mengasihi sesama. Menunjukkan rasa sayang kepada anak merupakan cara terbaik untuk membuat mereka terus berpikir positif sehingga mereka tidak terjerumus ke hal-hal yang bisa menyesatkan mereka.

Menjadi guru merupakan suatu hal berharga dalam mengajarkan anak untuk berpikir positif. Dengan mengajari anak berpikir positif maka kita mengajarkan anak untuk memiliki harapan akan masa depannya dan alat untuk menangani tantangan hidup. Kita membantu mereka tumbuh menjadi pribadi kuat dan mandiri di kemudian hari.

Oleh: Josua

(Dikutip dari berbagai sumber)